Kita Semua Tahu Manusia Bisa Terbang ke Luar Angkasa, Tapi Gini Nih Cara Mereka Mendarat di Bumi

Kita Semua Tahu Manusia Bisa Terbang ke Luar Angkasa, Tapi Gini Nih Cara Mereka Mendarat di Bumi

Pendaratan Misi Luar Angkasa

Misi mengirimkan manusia ke luar angkasa sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Tahun 1969 menjadi tahun paling bersejarah dengan keberhasilan manusia mendarat dan menjejakkan kaki untuk pertamakalinya di bulan. Meski belum berhasil mencapai Mars atau planet lain dalam galaksi bima sakti, misi mengirimkan astronout untuk meneliti dan tinggal di stasiun luar angkasa International Space Station (ISS), terus dilakukan hingga saat ini.

Mungkin kamu familiar dengan adegan peluncuran roket luar angkasa lewat film-film populer semacam “Armageddon“, tapi penasaran nggak sih gimana astronout-astronout ini balik ke bumi? Apa juga pakai roket atau semacam pesawat? Terus landasannya di mana ya? Apa pakai landasan bandara biasa ya?

Pada tanggal 2 September lalu, ada pendaratan misi luar angkasa bersejarah lho guys. Soalnya Peggy Whitson, salah satu astronaut yang mendarat kemarin, memecahkan rekor sebagai orang yang terlama tinggal di luar angkasa. Menurut Space, jika diakumulasi, Whitson mendiami stasiun luar angkasa selama 665 hari. Peristiwa ini memperlihatkan secara dekat bagaimana astronout cewek berprestasi ini kembali lagi ke bumi. Yuk lihat bareng-bareng Hipwee News & Feature!

Tim Peggy Whitson membutuhkan waktu 3,5 jam untuk pulang ke bumi dari stasiun luar angkasa internasional. Ternyata nggak lama-lama banget ya…

Di usianya yang sudah 57 tahun, Whitson berhasil memecahkan rekor dunia via newatlas.com

Beda dengan pesawat Boeing atau Airbus, kapsul Soyuz, satu-satunya alat transportasi balik ke bumi, hanya muat 3 orang

Ia pulang bersama dua orang astronaut lain, Jack Fischer dan Fyodor Yurchikhin. (Foto: Sergei Ilnitsky). via reuters.com

Mereka mendarat di daerah terpencil dekat wilayah Dzhezkazgan, Kazakhstan. Tempat pendaratan hampir semua misi luar angkasa sekarang

Advertisement

Disambut oleh berbagai personil kesehatan untuk memulihkan badan mereka kembali ke atmosfer bumi via reuters.com

Begini kira-kira metode pendaratan astronout yang dikenal sebagai Soyuz Landing. Setelah melepaskan diri dari ISS, mereka kembali masuk ke atmosfer bumi dalam bentuk kapsul

Setelah dekat dengan permukaan, parasut akan terbuka via id.pinterest.com

Di dalam kapsul ini, juga jauh dari kata nyaman. Mereka harus rela berdesak-desakan sampai mendarat di bumi

Ujian terakhir astronout setelah berhasil terbang ke luar angkasa: kembali ke bumi dengan selamat via jaxa.jp

Momen saat masuk ke lapisan atmosfer Bumi adalah waktu yang sangat menegangkan dan jelas penuh guncangan. Kecepatan bisa mencapai 28 ribu kilometer per jam

Tidak ada pendaratan mulus jika kamu mendarat dari luar angkasa via www.spacesafetymagazine.com

Karena harus melewati atmosfer, kapsul ini perlu dilapisi lapisan tahan panas yang maha kuat. Tapi ya pasti tetap saja kembali ke bumi dalam keadaan gosong

Tidak bisa sembarangan keluar, harus dibantu oleh kru di bawah via cnn.com

Setelah dikeluarkan dari dalam kapsul, mereka diperkenankan langsung menghubungi keluarga mereka. Tapi langsung dibawa menuju sebuah tenda guna pemeriksaan kesehatan

Setelah berbulan-bulan di luar angkasa, kondisi tubuh mereka berubah(Foto: Sergei Ilnitsky) via reuters.com

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk kembali beradaptasi dengan kondisi bumi. Bahkan untuk berjalan sekalipun, mereka butuh waktu untuk membiasakan diri dengan gravitasi

Fokus selama 45 hari ke depan adalah pemulihan. (Foto: Sergei Ilnitsky). via Reuters.com

Bukan hanya sekali, Peggy Whitson sudah mengalami seluruh proses ini dua kali untuk pecahkan rekor dunia. Prestasi yang hebat banget lho guys!

Butuh kekuatan fisik dan mental yang luar biasa via newatlas.com

Mungkin di masa depan bukan hanya para astronot yang punya kesempatan untuk tinggal lama di luar angkasa. Beberapa waktu yang lalu, berita tentang negara di luar angkasa yaitu Asgardia juga heboh lantaran mereka membuka pendaftaran untuk masuk ke negara baru mereka. Kalau begini jadinya, bukan tak mungkin kamu bisa memecahkan rekor yang dipegang oleh Peggy Whitson. Atau mungkin nggak lama lagi kamu jadi astronot seperti Peggy Whitson, semoga saja deh beberapa di antara kalian ada yang bisa mengharumkan nama bangsa layaknya Peggy whitson!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Bosan Tinggal di Bumi yang Sesak? Pendaftaran Negara Luar Angkasa ‘Asgardia’ Sudah Dibuka Lho
  • Miris! Nggak Cuma di Permukaan Bumi, Ternyata Manusia Juga Suka Nyampah di Luar Angkasa
  • Ini Nih Alasan Bumi itu Adalah Wanita
  • Ada Kambing Pemanjat Pohon Sampai Hewan yang Bisa Hidup di Luar Angkasa, 7 Hewan Ini Unik Luar Biasa
  • Rahasia Besar di Balik Hati Seorang Wanita yang ‘Sombong’ dan Cara Menaklukkannya

Sumber : detik-hotnews.com

Bukan Cuma Artis Doang yang Sering Cerai, Angka Perceraian di Indonesia Emang Lagi Tinggi-tingginya

Bukan Cuma Artis Doang yang Sering Cerai, Angka Perceraian di Indonesia Emang Lagi Tinggi-tingginya

Perceraian di Indonesia

Perpisahan adalah hal yang tidak pernah diinginkan setiap pasangan. Tetapi meski sudah sangat dihindari, nggak bisa dimungkiri selalu saja ada permasalahan rumah tangga yang membuat banyak pasangan memilih menyerah dengan pernikahannya. Jumlah kasus perceraian di Indonesia tidak sedikit. Jumlah ini bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Kita juga nggak bisa memaksa pasangan untuk tidak bercerai begitu saja dan menyalahkan keputusan mereka.

Selain itu kita sering mendengar soal kasus perceraian yang marak di kalangan selebritis tanah air. Memang sih, kita selalu bisa menyangkal bahwa hanya di kalangan selebritis saja yang ‘hobi’ menikah kemudian berpisah. Tetapi dari data dalam beberapa tahun terakhir, menunjukkan bahwa meningkatnya angka perceraian itu bukan hanya di kalangan selebritis lho. Secara umum, perceraian jadi fenomena yang makin lumrah terjadi di Indonesia. Yuk kita bahas bareng Hipwee News & Feature buat memahami pentingnya informasi soal pernikahan dan perceraian di kalangan anak muda!

Banyak yang bilang kalau itu fenomena di kalangan selebriti aja, tapi nyatanya angka perceraian di kalangan umum di Indonesia juga sedang tinggi-tingginya

Kayaknya tiap minggu pasti ada aja yang cerai via idrus.co

Perceraian Gracia Indri dan David Noah baru-baru menjadi sorotan publik. Pasangan yang menikah pada 2014 lalu ini pun tidak memaparkan permasalahn rumah tangganya. Masih dari dunia selebriti, Indadari juga dikabarkan menggugat cerai suaminya, Caisar pada 4 September lalu. Masih banyak lagi artis yang memutuskan bercerai, salah satunya Aming dan Evelyn yang nampaknya mesra di depan publik. Perceraian di kalangan selebritis ini bukan hal baru untuk masyarakat, meskipun pada dasarnya tidak pernah ada yang berharap siapa pun untuk bercerai namun kenyataannya memang jumlah artis yang pernikahannya langgeng hanya sedikit.

Kenyataannya itu bisa dibuktikan dengan angka dari Kementrian Agama yang merekam seluruh kasus perceraian di Indonesia

Memutuskan untuk berpisah padahal bukan hal yang mudah via 99.co

Advertisement

Realita ini berbanding lurus dengan kenyataan di kalangan masyarakat. Puslitbang Kemenag menyebutkan bahwa di tahun 2010-2014 saja angka perceraian di Indonesia semakin meningkat. Tercatat dari dua juta pasangan yang menikah, sebanyak 300,000 diantaranya bercerai. Nah kalau sudah begini kita jadi bisa melihat bahwa perceraian ini nggak hanya terjadi di kalangan artis ‘kan, tapi juga terjadi pada masyarakat umum. Angka ini sangat mengkhawatirkan. Terkadang kita mungkin bertanya, apa sih yang salah dari kebiasaan kita dalam menjalin hubungan. Kok segitunya sih gugatan cerai jadi mudah dilontarkan banyak pasangan?

Penyebabnya beragam. Mulai faktor ekonomi, psikologis, sampai kurangnya ruang pengaduan masalah keluarga. Andai semua masalah bisa diselesaikan dengan kepala dingin, mungkin perceraian bisa menurun

Ruang pengaduan yang bisa mendamaikan konflik pasangan sangat minim di Indonesia via loriunderwoodtherapy.com

Meski enggan diakui, masalah ekonomi bisa dibilang jadi masalah paling pelik dalam berumah tangga. Nggak heran calon mertua pasti memandang profesi apa yang dipunyai menantunya. Bukan semata-mata karena matre sih, tapi lebih ke upaya preventif biar permasalahan ekonomi nggak merundung rumah tangga anaknya kelak.

Faktor psikologis tentunya yang berhubungan dengan kepribadian masing-masing pasangan. Bagaimana tempramen masing-masing individu, tekanan yang diberikan salah satu pasangan juga ikut berperan. Pasangan yang menikah terlalu muda paling banyak mengalami ini. Permasalahan ini sebenarnya membutuhkan mediasi dari pihak yang netral. Namun selama ini kita belum terbiasa untuk membawa permasalahn rumah tangga ini ke pihak lain. Paling jauh, keluarga besar saja yang memediasi dan tentunya sulit bagi keluarga memediasi karena akan memihak pada salah satu.

Nah kalau soal kurangnya ruang pengaduan, seharusnya dinas-dinas sosial terkait juga ikut berperan. Minimnya kesadaran untuk pergi ke ruang pengaduan, seperti pskiater ini disebabkan pandangan dan stigma negatif di kalangan masyarakat kita. Orang yang pergi menyelesaikan masalah pada ahli psikologi justru dicap sebagai orang yang terlalu bermasalah. Padahal kita sangat membutuhkan pihak untuk mengurai permasalahan yang sulit dipecahkan. Pskiater dan ruang aduan juga bisa diposisikan sebagai pihak netral.

Untungnya masih ada daerah-daerah yang punya inisiatif unik untuk menurunkan angka perceraian di wilayahnya. Seperti program senja keluarga di Wonosobo

Ada juga yang mengadakan penyuluhan untuk calon pengantin via www.jateng.kemenag.go.id

Tahukah kalian kalau ternyata mereka yang bercerai ini seringnya adalah pasangan yang menikah muda?Dalam waktu kurang dari lima tahun kebanyakan dari mereka memutuskan untuk bercerai. Dari sinilah Kementrian Agama membuat program sosialisasi pranikah untuk mencegah perceraian terjadi. Terutama mereka yang dimabuk asmara ketika usia muda dan cenderung labil untuk memutuskan. Calon pengantin diberikan materi mengenai undang-undang pernikahan, fungsi reproduksi, hingga manajemen konflik rumah tangga.

Selain sosialisasi, salah satu kabupaten di Jawa Tengah yaitu Wonosobo membuat inisiatif program senja keluarga. Program ini dimaksudkan untuk membangun keluarga yang sejahtera dan harmonis dengan memanfaatkan waktu kebersamaan saat senja atau sore hari. Program ini disosialisasikan hingga tingkat RT agar setiap keluarga menggunakan waktu senja untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati senja bersama dengan santai. Sehingga hubungan keluarga jadi makin harmonis dan perceraian jadi pilhan akhir untuk menyelesaikan konflik nantinya.

Buat kamu yang belum berkeluarga, penting juga mengetahui hal ini sebagai persiapan mentalmu mengarungi samudra pernikahan. Pernikahan bukanlah hal yang mudah diputuskan karena seharusnya ini dilakukan hanya sekali seumur hidup. Tidak ada orang yang menikah dengan niat untuk berpisah ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • 8 Pasangan dalam Drama dan Film Korea Ini Akhirnya Memutuskan Menikah. Hayo Siapa Aja Ya?
  • Jangan Terburu-buru Memutuskan Menikah, Jika Hal Ini Belum Kalian Pahami Sebagai Pasangan
  • Menikah Dengan Cewek Lebih Tua Itu Justru Lebih Bagus. 5 Pasangan Seleb Buktinya Aman dan Tentram!
  • Setelah Viral Video #saveaqua, Kini Memenya Mulai Banyak Dibuat. Asli Kocak dan Bikin Ngakak!
  • Tren ‘Divorce Selfie’: Aksi Selfie Setelah Meresmikan Perceraian, Biar Kelihatan Ayem dan Damai

Sumber : detik-hotnews.com

Jangan Asal Percaya sama Selebaran yang Ada di Pinggir Jalan. Selain Nggak Akurat, Bisa Bikin Ngakak!

Jangan Asal Percaya sama Selebaran yang Ada di Pinggir Jalan. Selain Nggak Akurat, Bisa Bikin Ngakak!

Google buka lowongan tuh!

Dengan makin berkembangnya teknologi, kita hanya perlu sekali mengusap gawai kita yang terhubung dengan internet untuk mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Ya, nggak perlu repot-repot mencari koran, membaca selebaran yang ditempel di mana-mana, yang dampaknya bisa menghabiskan ribuan lembar kertas, hingga menjadikan tempat tersebut kotor.

Sementara pada zaman dulu, orang memberitakan kabar apapun melalui media cetak yang penyebarannya kadang nggak sampai ke pelosok. Maka, satu-satunya jalan adalah dengan menempelkan selebaran pada sebatang pohon, tiang listrik, atau tembok yang kerap dilalui orang-orang. Nah, rupanya cara ini masih dipakai orang untuk menyebarkan berita loh, seperti berita kehilangan hingga lowongan pekerjaan. Tapi kali ini kamu jangan percaya dulu, ya. Soalnya selebaran poster ini cuma buat lucu-lucuan saja.

Kehilangan HP memang menyebalkan. Buat kamu yang bisa menemukan ponsel orang ini, coba hubungi…ke mana??

Hubungi ke mana, Pak?? via www.instagram.com

Entah apa yang dikabarkan dari poster ini. Salam kenal dari Miss Ing deh!

Hello, Miss Ing. How are you today? via www.instagram.com

Mungkin poster ini bentuk protes dari mahasiswa-mahasiswa yang kebanyakan begadang sambil main game?

Jadi zombie. 🙁 via www.instagram.com

Kehilangan akal sehat? Ini kan film animasi, fiktif…

Advertisement

Pernah nonton Shaun the Sheep nggak sih? via www.instagram.com

Ada yang butuh kembang api bekas?

Berasa di Pasar Senen. Apa aja dijual. via www.instagram.com

Seberapa penting dan berharganya sih sebuah lakban? Sampai dibikin poster begini

Ini di Glodok! via www.instagram.com

Poster ini nggak salah sih. Tapi kenapa bukan orang lain saja yang bikin posternya?

Sedih. 🙁 via www.instagram.com

Mungkin maskot makanan cepat saji ini sudah resign dan butuh duit banyak. Ada yang minat?

Karena kecewa dengan produknya, Mz? via www.instagram.com

Nah, kabarnya Google sedang mencari karyawan baru. Tapi tenang, kamu nggak perlu kirim CV segala macam!

Engg… via www.instagram.com

Sebuah berita kehilangan! Kalau kamu menemukan setengah poster yang hilang, kamu bisa hubungi ke nomor…

Orang posternya yang hilang. -___- via www.instagram.com

Buat kamu yang punya mesin cetak, akan sangat membantu kalau kamu menghubungi orang ini

Haha! via www.instagram.com

Ada yang salah nggak sih dengan berita di poster ini?

Mungkin dia juragan kucing? via www.instagram.com

Duh, kalau kehilangan nomor… Ini bagaimana ceritanya sih??

Informatif banget! -___- via www.instagram.com

Kadang berita-berita yang ditempel di sepanjang jalan ini bakal dibaca orang ketika dia butuh, lagi nungguin ceweknya, atau memang lagi iseng nggak ada bacaan. Tapi semua berita di selebaran ini cuma ulah iseng Jason Carlos S enz, seorang komedian asal Bolivia yang memang sengaja membuat karyanya dalam bentuk pamflet dan poster. Jangan percaya gitu aja, ya! Haha!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Raditya Dika Boleh Lebih Jago Jadi Komedian, Tapi Perlu Belajar dari Ernest Sebagai Sutradara
  • Kabar Duka: Istri Komedian Tukul Arwana Berpulang, Selamat Jalan ‘Susi Similikiti’
  • Dia yang Selalu Membawa Keceriaan, Justru Seringkali Memendam Duka Terdalam

Sumber : detik-hotnews.com

Gading Marten dan Gisel Jadi Ambassador Singapore Tourism Board, Mereka Ajak Kita Main ke Singapura

Gading Marten dan Gisel Jadi Ambassador Singapore Tourism Board, Mereka Ajak Kita Main ke Singapura

://

Singapura, negara tetangga satu ini memang masih menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan dalam negeri yang memang ingin berlibur ke manca negara. Jaraknya yang tidak terlalu jauh, serta beragamnya promo tiket pesawat semakin mendorong para pelancong untuk menyambangi negara singa tersebut. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dieksplorasi di negara yang memiliki sejarah migrasi yang panjang ini, mulai dari taman bermain hingga berbagai pusat perbelanjaan bisa kamu temukan.

Semakin ke sini, tampak bahwa warga Indonesia kian berbondong-bondong berminat berlibur ke Singapura. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah wisatawan dari negeri ini setiap tahunnya. Upaya untuk terus memenuhi keinginan para pelancong yang kian tinggi membuat Singapore Tourism Board (STB) menghadirkan sebuah brand baru “Singapore – Passion Made Possible” untuk memasarkan Singapura secara internasional.

Dengan menggaet keluarga selebriti Tanah Air sebagai brand ambassador, yakni Gading Marten dan istrinya, Gisella Anastasia diharapkan bisa mempromosikan wisata Singapura lebih luas lagi. Adanya sang buah hati mereka yang menggemaskan, Gempita semakin memperkuat posisi negeri singa ini sebagai destinasi berlibur keluarga. Dengan jumlah pengikut yang tinggi di sosial media, kedua pasangan ini akan menjalankan kampanye pemasaran STB yang baru.

Gading dan Gisel foto bersama via www.hipwee.com

Brand yang bertemakan “passion” dan “possibilities” ini memang tertanam dalam sejarah Singapura. Jiwa semangat penduduk yang nyata menjadikan Passion Made Possible sebagai perwujudan dari jejak rekam dan bukti keuletan negara ini.

Advertisement

“Saat ini konsumen semakin didorong oleh passion mereka dalam membuat keputusan untuk melakukan perjalanan. Kami ingin mengkomunikasikannya bahwa Singapura dapat memenuhi passion para wisatawan dan pengunjung. Selain atribut fungsional seperti keamanan dan efisiensi yang kebanyakan orang Indonesia sudah ketahui, kami ingin membangun hubungan yang lebih dalam dan lebih personal antara Singapura dan para pengunjung dari Indonesia,” ujar Edward Koh, Executive Director, South East Asia, Singapore Tourism Board.

Salah satu pendekatan dari brand ini bukan hanya sekadar dengan menawarkan hal-hal yang bisa dilakukan di Singapura, tapi juga mengajak wisatawan Indonesia untuk berpikir apa yang bisa mereka wujudkan di sana. Bagi kamu para pecinta kuliner (foodie), penjelajah (explorer), pencinta belanja (collector), pemburu aksi (action seeker), penyuka sosialisasi (socializer), atau penggiat seni (culture shaper) semua bisa kamu temui di negara ini. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah berburu promo tiket pesawat dan sambangi keunikan negeri Singapura.

Sumber : detik-hotnews.com

Kisah Dramatis Traveler yang Memasuki Kawasan Konflik di Myanmar. Seru dan Menegangkan!

Kisah Dramatis Traveler yang Memasuki Kawasan Konflik di Myanmar. Seru dan Menegangkan!

://

Myanmar kini sedang dalam sorotan dunia. Dunia internasional tengah mendesak Myanmar menyelesaikan masalah kemanusiaan dan HAM terhadap etnis Rohingnya di Rakhine state. Apakah benar masalah pelanggaran HAM di Myanmar berawal dari sentimen agama atau etnis? Seperti yang selama ini diperdebatkan. Kami punya jawaban yang lebih realistis, akar masalahnya adalah persoalan tambang.

Kami mewawancarai Harry Lie, seorang traveler yang pernah memasuki kawasan konflik di Myanmar, tepatnya di Shan Area. Lokasi tambang permata yang cukup besar di Myanmar. Berikut ini petualangan Harry ketika menyelinap di lokasi tambang Shan Area. Memang bukan di Rakhine, namun pola terjadinya konflik kurang lebih sama. Yuk simak!

Tahun lalu, Harry sangat tertarik mengunjungi Myanmar karena dua hal, keindahan Bagan dan pesona permata bernama Pigeon Blood…

bagan, myanmar via yangonlife.cdn3.mspiral.biz

Perjalanan ke Myanmar bukanlah sebuah perjalanan biasa. Negara yang dulunya dikuasai junta militer ini memang sangatlah misterius dan menggetarkan nyali. Terlalu banyak ruang-ruang informasi yang sengaja ditutupi dan seakan tabu untuk diungkapkan kepada publik dan dunia internasional. Oleh karenanya, Harry tertantang untuk mencari tahu sendiri. Menguak kenapa banyak rahasia di negara yang sering dikalahkan Indonesia dalam pertandingan sepakbola ini.

Bagan menarik perhatian Harry untuk mengunjungi Myanmar. Keindahan candi-candi dengan balon udara yang memukau, jadi salah satu destinasi wajib yang akan dia datangi. Namun, rasa penasarannya terhadap negara ini justru membuatnya tertantang untuk melakukan hal nekat yang tak semua orang berani melakukannya.

Ya, Harry ingin memasuki kawasan konflik di Shan Area. Dia sangat penasaran untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi di kawasan konflik di Myanmar. Dia tahu rencana ini akan tidak mudah untuk dieksekusi. Tapi tekadnya sudah bulat, ia akan ke Shan Area, bagaimanapun caranya.

Advertisement

salah satu pemandangan di shan area via www.go-myanmar.com

Panjang sekali prosedur yang harus Harry lewati untuk menembus zona konflik Myanmar. Ia menghubungi pihak kementerian pariwisata namun tidak mendapat izin. Melalui rekomendasi temannya, Harry kembali menghubungi pemerintah Myanmar, kali ini melalui Kementrian Minerba karena lokasi konflik itu berada di kawasan tambang. Ia kemudian dikenalkan kepada orang yang bersedia membantu untuk pengurusan izin masuk ke Shan Area. Lokasi tambang permata yang berharga sangat mahal. Salah satunya permata ruby, Pigeon Blood yang melegenda.

Tak mudah memang masuk ke sana. Harry diwawancara via email dan data pribadinya pun diminta. Dia pun diminta mentransfer uang dalam jumlah yang tidak sedikit, sekitar 20 juta rupiah. Proses seleksi yang cukup rumit untuk sekedar izin berwisata.

Sayangnya, prosedur itu pun tak menjamin Harry bakal mendapat izin masuk. Keputusan sepenuhnya di Kementrian Minerba dan Kementrian Keamanan Myanmar. Meskipun sudah bayar pun belum tentu dapat izin. Kalaupun dapat izin dan detik-detik terakhir izin itu dicabut, itu juga hak pemerintah Myanmar. Jika hal itu terjadi, uang yang sudah dibayarkan pun tak bisa dikembalikan. Sadis memang, tapi Harry lanjut terus.

Perjalanan menguji adrenalin dimulai. Setelah perjuangan panjang, Harry mendapat izin untuk masuk ke kawasan konflik di Shan Area

surat izin memasuki shan area via www.facebook.com

Harry mendarat di Mandalay dengan pengawasan yang begitu ketat. Dia sudah diawasi oleh intel dan ia sangat paham dengan konsekuensi tersebut. Maklum, data penerbangan, aktivitas hingga hotel semua sudah ditandai oleh pihak keamanan. Bisa dibayangkan bagaimana perjalanan wisata dipantau terus-terusan. Rasanya tentu tegang dan takut terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sempat ia mencoba untuk kabur dari pengawasan tersebut, tapi takutnya izinnya bakal dicabut. Akhirnya, meski penuh pengawasan, Harry menikmati awal perjalanannya di Mandalay. Jadilah Harry seperti turis baik yang seakan polos dan tak mengerti apa-apa.

Sedan mewah Toyota Crown bersiap mengantarkan Harry ke Shan Area di pagi buta. Sebelumnya, dia sudah mendapatkan briefing dari pihak keamanan agar tidak bertindak macam-macam. Dia pun mendapatkan 2 pengawal yang akan mengantarkannya ke Shan Area. Semua bawaan Harry dicek, sampai jumlah uangnya dicek pula. Sosial medianya pun semuanya harus diberikan kepada mereka. Kalau berani macam-macam, tentu pria ini bisa terancam bahaya. Sepanjang perjalanan, dia masih mendapatkan wawancara ringan tentang profil dan juga aktivitasnya. Tak ingin semakin tertekan, Harry pun mengambil kesempatan untuk berbincang mengenai negara Myanmar, mulai dari pertanian, ekonomi sampai pemerintahannya.

Mobil sampai di pos pemeriksaan yang berisi barak tentara dan juga senapan kaliber besar dan kedua pengawal itu turun dan melapor ke tentara di pos. Harry dilarang turun dari mobil ataupun mengambil gambar sama sekali…

Pos pemeriksaan, dokumentasi Harry via www.facebook.com

Lama sekali dua pengawal itu berada di pos pemeriksaan. Suasana semakin tegang, apalagi ketika mereka tak kunjung datang. Harry sangat jenuh menunggu kembalinya dua pengawal itu, di pos pemeriksaan yang terlihat tak bersahabat itu.

Tak berapa lama, mereka berdua kembali ke mobil. Bedanya, kali ini wajah mereka tampak pucat dan seperti ketakutan. Mereka cuma diam dan melanjutkan perjalanan ke Shan Area. Suasana pun hening. Perjalanan pun kian tak nyaman. Apalagi masih ada beberapa pos yang harus dilewati. Untungnya, di pos-pos berikutnya mereka bisa melenggang dengan aman.

Sesampainya di Shan Area, Harry bertemu dengan masyarakat dan berbincang dengan mereka melalui perantara pengawal tersebut. Ia menggali informasi yang cukup mendalam dengan orang-orang di sana.

bersama pengawal, dokumentasi harry via www.facebook.com

Di Myanmar, setiap state (negara bagian) mempunyai tentara sendiri. Tentara ini berafiliasi pada sebuah faksi atau golongan, di mana tugasnya adalah mengamankan area tambang. Tentara inilah yang dibayar oleh pemilik tambang. Tambangnya pun tak sembarangan, tambang permata. Wajar apabila persenjataan mereka teramat canggih sampai helikopter dan tank. Sementara itu, tambang rakyat dilindungi oleh tentara militan yang dibentuk oleh rakyat sendiri. Pertarungan antara tentara faksi dengan tentara rakyat inilah yang memunculkan perang saudara selama puluhan tahun. Konflik horizontal ini sengaja dipelihara agar tidak tercipta kedamaian sehingga pemerintah tak bisa masuk ke sana.

Pertanyaan Harry selanjutnya adalah, kenapa tak ada satupun tentara pemerintah di area konflik?

ilustrasi tentara myanmar via internasional.republika.co.id

Jawabannya adalah, jika tentara pemerintah masuk ke lokasi konflik, maka semua tentara itu akan diserang oleh semua tentara faksi. Mereka takut jika pemerintah masuk dan mengendalikan situasi, lahan tambang jadi sulit untuk dikuasai. Pundi-pundi dolar dari tambang permata akan jatuh ke pemerintah. Maka dari itu, tentara pemerintah tidak akan berani mengusik area konflik dan mengisolirnya agar tidak meluas. Hal ini terjadi di banyak state karena banyaknya lahan tambang di Myanmar. Salah satunya Rakhine yang menyimpan cadangan minyak dan gas.

Konflik semacam ini jelas akan menimbulkan korban dari sipil, terutama suku-suku kecil yang cinta damai. Mereka akan terusir dari tanah mereka, atau dijadikan budak tambang oleh tentara. Suku Karen salah satu contohnya. Itu lho suku yang lehernya panjang-panjang. Kini suku Karen banyak yang mengungsi ke Thailand dan sebagiannya masih berada di Myanmar. Berbeda dari suku lainnya yang mengalah, etnis Rohingya tidak mau ditindas dan akhirnya melawan. Perlawanan inilah yang akhirnya melahirkan Arakan Rohingnya Salvation Army (ARSA).

Pusaran konflik ini sebenarnya akarnya adalah perebutan sumber daya alam. Entah di Shan Area ataupun Rakhine, kurang lebih sama polanya. Hanya tambangnya saja yang berbeda. Konflik inilah yang membuat tentara faksi membutuhkan persenjataan yang harus disuplai dari luar negeri. Senjata api itulah yang akan dibarter dengan hasil tambang. Maka jika kamu tahu siapa penyuplai senjata ke Myanmar, dengan mudah ketahuan siapa dalang di balik tragedi kemanusiaan di Myanmar, baik terhadap suku Karen ataupun Rohingya. Jangan tertipu dengan pemberitaan yang menggiring ke arah agama. Memang harus diakui ada juga sentimen suku dan agama, tapi faktor utamanya adalah persoalan ekonomi alias hasil tambang.

Harry menutup perbincangan dengan menyisakan beberapa puzzle. Ada beberapa hal yang memang tak bisa ia ceritakan begitu gamblang. Perbincangannya dengan para pengawal dan warga di Shan Area sungguh sangat beresiko dan bisa mengancam nyawanya. Hanya sampai sejauh ini dia bercerita dan ia berharap konflik ini segera terhenti. Tentu kita semua berharap hal yang sama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Enaknya Punya Rumah yang Bisa Dikantongin Kayak Gini, ke Mana-Mana Bisa Dibawa dan Tinggal Dilipat
  • Hujan; Pelepas Rindu dan Kegundahan Terbaik yang Pernah Semesta Persembahkan
  • Dunia Kesehatan Siaga Satu. Ada 12 Bakteri yang Tak Mempan Lagi Dibasmi Dengan Antibiotik
  • Meski Sulit Dijelaskan Secara Ilmiah, 11 Aktor Ini Tampaknya Beneran Punya Kembaran dari Masa Lalu
  • Belajar Dari Suka Duka Malaikat Semesta yang Jatuh Cinta Tanpa Tahu Wujud yang Dicintainya

Sumber : detik-hotnews.com

Kenalan dengan TKI Asal Nganjuk yang Memiliki Banyak Subscriber di Youtube. Lucu dan Menginspirasi

Kenalan dengan TKI Asal Nganjuk yang Memiliki Banyak Subscriber di Youtube. Lucu dan Menginspirasi

Selalu tampil apa adanya di depan kamera.

Apa cita-citamu pada saat kecil dulu? Dokter, polisi, polwan, masinis, atau presiden? Semua profesi beken pasti pernah kamu dengar dan sebut. Tapi itu dulu. Sekarang, masih ada nggak ya, anak kecil yang bercita-cita seperti kita dulu? Mungkin anak zaman sekarang lebih suka menjadi seorang Youtubers karena perkembangan teknologi yang memungkinkan siapa saja untuk mendapatkan uang dari internet atau channel YouTube ini. Pun belum bisa menghasilkan uang dari video, paling nggak kita bisa mendapatkan popularitas. Itu pun kalau banyak orang yang suka dengan video yang kita unggah.

Seperti halnya seorang TKI asal Nganjuk Jawa Timur ini yang kini telah memiliki banyak penggemar di Channel YouTube-nya, Gokil Abis. Nah, yang bikin namanya kian melambung adalah karena konten yang dia tampilkan berlatar belakang Korea Selatan dan cara dia menyuguhkan video, sama sekali berbeda dengan para vlogger lainnya. Penasaran nggak?

Yang membuat namanya melambung adalah latar belakang video di Korea Selatan dan tampangnya yang Gokil Abis yang…lihat sendiri deh!

Lagi di kamar nih. via www.youtube.com

Bernama asli Parindra Sidiq Cahyono, seorang TKI yang terbang ke Korea Selatan sejak pertengahan 2013 lalu ini, namanya mulai dilirik sebagai seorang Youtubers tanah air. Bahkan, saat ini channel YouTube-nya sudah mendapat 31.000 subcribers, ribuan likes, dan ratusan komentar di setiap video yang diunggahnnya. Yang bikin orang-orang penasaran mengunjungi laman YouTube-nya adalah latar video yang sering dia gunakan. Ya, Korea Selatan! Selain itu, logat Jawa Timur-nya yang medhok juga menambah rasa penasaran orang-orang atas channel yang dia beri nama Gokil Abis; Gosong Keling-Keling.

Sebelum menasbihkan dirinya sebagai seorang Youtubers, ternyata cowok ini sudah mengenal Youtube sejak 2013. Nggak jauh sebelum dia terbang ke Korea

Saat dia berinteraksi dengan orang Korea. via www.youtube.com

Advertisement

Ternyata, Parindra sudah cukup lama mengenal YouTube sudah sejak tahun 2013 lalu. Nggak jauh sebelum dia terbang ke Korea Selatan. Tapi, di awal-awal dia main YouTube, postingan yang dia unggah masih sangat rancu, hanya berisi video-video nggak layak tonton buat anak-anak. Baru beberapa tahun setelah dia bekerja di Korea, kontennya mulai berkembang dan layak tonton. Buat hiburan.

Sebagai TKI, dia nggak cuma pengen mengeruk uang dari negeri orang. Dia pun pengen meneruskan pendidikannya, seperti anak-anak muda lainnya loh

Saat teman seangkatan sedang diwisuda. via www.youtube.com

Nah, inspirasi juga buat kita semua nih. Meski dia ke Korea sebagai TKI, tapi semangat juangnya untuk mengenyam pendidikan nggak pernah luntur. Dia dan kawan-kawan sesama TKI pun mengikuti kuliah di UT yang ada di Seoul. Sekarang dia sudah semester sembilan. Apa kabar skripsi?

Dia menjelaskan berulang kali bahwa dia nggak ada niatan untuk sombong. Lewat YouTube, dia pengen menginspirasi semua orang

Waktu Parindra kerja. via www.youtube.com

Untuk menjawab semua pertanyaan dari para penggemarnya di kolom komentar, akhirnya dia membuat beberapa video, yang isinya persis seperti yang orang-orang tanyakan. Mulai dari awal keberangkatannya ke Korea, kehidupan di kampung halaman, kehidupan di negeri orang, hingga gaji bulanan yang dia dapatkan di sana. Bahkan, di salah satu video, dia membuat rincian penghasilan dia selama sebulan ke depan. Tapi dia menegaskan berulang kali, bahwa dia nggak ada maksud untuk menyombongkan diri. Justru, hal ini diharapkan bisa menjadi inspirasi buat kita semua. Terbaeq, Mas Gokil!

Satu hal lagi, yang membedakan GA dengan Youtubers lain, dia mengunggah video hanya dengan sekali syuting. Tanpa editing, tanpa apa-apa!

Gokil Abis lagi di KBRI Korea Selatan. via www.youtube.com

Segala sesuatu yang tidak diniati, akan tidak membuahkan hasil! – Gokil Abis

Nah, yang bikin beda antara Mas Gokil dengan Youtubers lain adalah cara dia membungkus videonya sebelum akhirnya rilis di YouTube. Kalau orang-orang pasti menggunakan efek dan editing yang super keren. Sementara Mas Gokil, dia apa adanya, tanpa ada suntingan sama sekali alias one shoot. Jadi, apa yang terjadi saat dia mengambil gambar, itulah yang benar-benar sedang terjadi saat itu.

Ya, rasanya wajar sih kalau banyak orang yang suka dan terhibur menonton video Mas Gokil. Sebab memang masih sangat jarang ada orang Indonesia yang membuat vlog dengan nuansa Korea Selatan selucu ini. Kalau penasaran, langsung saja kepoin channel-nya di Gokil Abis. Dijamin ngakak deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Dunia Kesehatan Siaga Satu. Ada 12 Bakteri yang Tak Mempan Lagi Dibasmi Dengan Antibiotik
  • Saat Hubungan Beranjak Dewasa Dan Minim Drama, 9 Hal Ini Pasti Jadi Obrolan Kalian
  • Hujan; Pelepas Rindu dan Kegundahan Terbaik yang Pernah Semesta Persembahkan
  • Meski Sulit Dijelaskan Secara Ilmiah, 11 Aktor Ini Tampaknya Beneran Punya Kembaran dari Masa Lalu
  • Enaknya Punya Rumah yang Bisa Dikantongin Kayak Gini, ke Mana-Mana Bisa Dibawa dan Tinggal Dilipat

Sumber : detik-hotnews.com

Biar Masa Pacaran Kalian Tak Membosankan, 6 Kebebasan ini Perlu Ada di Hubungan

Biar Masa Pacaran Kalian Tak Membosankan, 6 Kebebasan ini Perlu Ada di Hubungan

Kebebasan juga perlu…

Apakah kamu sedang merasa ada hal yang kurang bebas? Ada rasa terbelenggu yang kadang bikin hubungan nggak lancar? Masalah datang seringkali karena kebebasan yang tak terkendali, namun tak sedikit juga masalah datang karena belenggu dan kekangan. Dalam hal yang mungkin dilakukan untuk merubah arus hubungan yang itu-itu saja, keterbatasan yang membatasi keluwesan dalam hubungan.

Bukan berarti mengamini kebebasan yang terlalu liar, tapi ada kalanya hal-hal di bawah ini terlalu kejam jika terlalu dibelenggu. Cowok harus ambil sikap, cewek juga nggak boleh ketinggalan mengambil sikap untuk mencerminkan kebebasan. Hal utama yang harus dilakukan sebelum kalian saling membebaskan adalah adanya pengertian yang sama. Bayangin kalau kebebasan-kebebasan di bawah ini nggak dilengkapi dengan pengertian yang dalam? Bisa jadi malah tambah bermasalah.

1. Tetap bisa berkumpul, berkomunikasi dengan teman-teman bahkan mengenal orang baru, biar dunia tak milik berdua melulu

Teman pasti bikin suasana nyaman dan menghilangkan segala keresahan dalam hubungan… via unsplash.com

Punya banyak teman jelas bikin kita memiliki banyak keuntungan meskipun nggak jarang juga kita salah pilih. Bagaimanapun dalam sebuah hubungan kadang masalah pertemanan bikin kecemburuan pasangan. Padahal jika disikapi dengan benar, teman-teman yang mengisi kehidupan pasangan punya banyak manfaat yang nggak bisa didapatkan dari kamu.

2. Pekerjaan tak hanya menyangkut masa depan tapi juga pembangkit gairah hidup, karena itu urusan karir tak perlu dikekang

Pekerjaan yang menyita waktu dan melelahkan juga menyimpan kebaikan untuk masa depan… via unsplash.com

Advertisement

Jangan jadikan demi kebaikan masa depan sebagai embel-embel untuk membatasi pilihan pekerjaan pasangan. Sekalipun pekerjaannya bukan di tempat yang bergengsi dan bergaji tinggi, kamu tak berhak mematahkan mimpinya ini. Selama pasangan nyaman dengan apa yang dia pilih, harusnya kamu terus memberi dukungan. Begitupula dia harus bersikap yang sama ke dirimu.

3. Bebas mengekspresikan perasaan, entah kesal atau sedih, walaupun caranya pun harus dengan baik-baik

Setelah kekesalan bebas dikeluarkan akhirnya ada kehangatan… via unsplash.com

Kadang karena takut mengungkapkan kekesalan, kita jadi sering salah paham. Niat hati menjalankan hubungan dengan terbuka, kita malah jadi diam-diam memendam perasaan. Harusnya satu sama lain bebas mengekspresikan kekesalan, biar semua tambah jelas dan nggak ada yang sakit hati, nggak harus dengan kemarahan kok.

4. Di luar pekerjaan, tetap punya kesempatan melakukan kesibukan yang lain, seperti jadi volunter atau bakti sosial bersama teman-teman

Boleh bebas sibuk-sibuk ria asal bermanfaat dan nggak ganjen…. via unsplash.com

Kadang kesibukan pasangan yang berlarut-larut dan seolah nggak ada habisnya memang mengesalkan. Cewek sering banget jadi korbannya, sering ditinggal-tinggal tanpa ada kabar. Banyak hal yang mungkin dikerjakan bagi cowok atau pun cewek, masaing-masing pasangan harus mengerti bahwa kesibukan adalah kebebasan mencapai cita-cita, semoga kalian saling mengerti.

5. Bebas berpenampilan dan berdandan selama itu baik juga buatnya nyaman, toh kebebasan berekspresi jadi hak semua orang

Bebas berpenampilan, yang penting saling menghargai jika ada kekurangan… via unsplash.com

Penampilan jadi sorotan utama dalam hubungan, tak bisa dimungkiri bahwa sering kali orang mudah jatuh cinta pada pandangan pertama. Baiknya soal penampilan, jika memang cinta adalah perihal saling isi dan membahagiakan tentunya masing-masing meletakkan kebebasan untuk berpenampilan. Sering ditemui kasusnya kamu melarang pasangan pakai baju ini itu tak karuan membelenggu.

6. Kebebasan untuk mencintai dan tidak mencintai, kadang kita memaksakan hubungan yang kurang diisi dengan cinta murni

Semoga cinta dan sayang tak berbatas apapun… via unsplash.com

Mencintai seseorang bukan perkara mudah, kadang kita memaksakan diri untuk sayang dan mengasihi pasangan, padahal hati dan pikiran sudah lelah menahan jenuh. Kalau dipaksakan malah bikin sakit hati dan nggak sehat, harusnya kalian punya hak dan kebebasan untuk mencintai dan membenci. Memang susah memutuskan sebuah hubungan, tapi jika itu adalah jalan yang terbaik, mau apa lagi?

Mungkin, hal-hal di atas nggak bisa kalian lakukan bebarengan dalam suatu waktu. Kalian bisa mulai satu per satu biar nggak kaget dan menghancurkan suasana hangat dalam hubungan. Selagi tanpa kebebasan ini hubungan kalian tetap ayem-ayem saja, jalani yang kiranya sudah berjalan lancar. Kadang kala kebebasan yang terlampau tak terkendali malah mengantarkan hubungan pada jurang kehancuran.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Nostalgia Masa Jaim Saat Pacaran, Dijamin Buat Kalian Senyum-Senyum Sendirian
  • Hubungan yang Punya Masa Depan, Tak Hanya Modal Cinta. 6 Hal Ini yang Harus Kalian Punya
  • Kalau Pernah Mengalami 9 Drama Ini, Selamat! Hubungan Kalian Pasti Levelnya Udah Tinggi
  • Biarpun Nggak Harus Ngantor, 7 Pekerjaan Seru Ini Tetap Punya Masa Depan yang Besar
  • Hal-hal yang Harus Kamu Abaikan Saat Menjalani LDR-an, Biar Hubungan Tetap Lancar

Sumber : detik-hotnews.com

Nama Ojek Online Tercoreng Karena Perilaku Cabul Driver Ini. Bikin Parno Penumpang Lain!

Nama Ojek Online Tercoreng Karena Perilaku Cabul Driver Ini. Bikin Parno Penumpang Lain!

Pengemudi Grab Berbuat Cabul

Sebagai sesama perempuan, setiap tahu pemberitaan soal pemerkosaan atau tindakan cabul lainnya, cuma satu yang terbesit di benak saya: apakah para pelaku nggak pernah berpikir bagaimana rasanya kalau ibu, kakak adik, atau anak perempuan mereka mendapat perlakuan yang sama? Sedih ‘kah mereka? Atau malah acuh? Yang jelas perilaku di atas nggak bisa dibenarkan barang seujung kuku pun, sekalipun korban pernah melakukan hal buruk pada pelaku sebelumnya.

Meski sudah banyak pelaku yang pada akhirnya dijebloskan ke penjara, nyatanya hukuman tersebut nggak bisa membuat pelaku lain di luar sana menghentikan ‘serangan’nya. Seperti halnya yang baru terjadi Rabu (6/7) kemarin. Yang lebih buat mengelus dada, kali ini yang jadi korban perilaku biadab ini adalah penumpak ojek online. Sarana transportasi yang notabenenya kini jadi andalan kaum hawa untuk berpergian kemana-mana karena aman dan nyaman. Reputasi yang mungkin tercoreng karena peristiwa ini. Simak info selengkapnya bareng Hipwee News & Feature.

Pengemudi ojek online Grab tercyduq akibat perilaku cabulnya pada penumpangnya yang masih SMA. Tega banget!

Pengemudi Grab cabul via kumparan.com

Kejadian yang bikin miris ini bermula saat korban inisial DS yang masih berusia 17 tahun itu memesan Grab Bike dari rumah kontrakannya di Jalan Manggarai Utara II, Tebet, Jakarta Selatan ke tempatnya PKL di bilangan Jakarta Pusat. Situasi masih berjalan normal sampai ketika pengemudi yang diketahui bernama Chairullah itu malah membelokkan tujuan ke tempat lain! Lelaki bejat itu membawa sepeda motornya ke rumah temannya di Jalan Slamet Riyadi, Matraman, Jakarta Timur.

Sesampainya di sana, korban diajak masuk ke dalam rumah dengan berbagai alasan. Pelaku juga membuat korban tak sadarkan diri. Setelah dirasa waktunya ‘tepat’, ia pun segera melancarkan aksinya. Setelah itu ia tetap berencana mengantar bocah malang itu ke lokasi PKL, namun nahas perilakunya ‘terbaca’ oleh warga sekitar, dan pelaku pun diamankan pihak polisi.

Kejadian ini seolah jadi mimpi buruk bagi DS. Mungkin selamanya dia nggak akan mau lagi naik angkutan online

Advertisement

Trauma via theolympians.co

Berkaca dari kasus ini, meski banyak pihak mengagung-agungkan fasilitas transportasi online ini dengan alasan praktis, efektif, dan efisien, nyatanya semua itu nggak menjamin 100% kalau angkutan jenis ini aman. Pertama, karena penumpang sama sekali nggak tahu latar belakang si pengemudi sebelumnya. Kedua, kesempatan berbuat jahat bagi pengemudi terbuka lebar, terlepas dari tanggung jawabnya sebagai driver. Ketiga, kurangnya kontrol dari pusat pada kinerja pengemudi di lapangan.

Sebagai perusahaan yang menaungi setiap pengemudi transportasi online, mungkin sudah waktunya mereka menyediakan fasilitas yang bisa digunakan customer saat dalam keadaan darurat

Fasilitas harusnya tersedia di aplikasi. Tombol darurat misalnya via makhluklemah.wordpress.com

Berkaca dari kejadian di atas dan puluhan kasus serupa, seharusnya sih perusahaan transportasi online memikirkan cara bagaimana mengembalikan kepercayaan publik. Nggak sedikit lho yang lantas jadi parno untuk naik ojek atau taksi online setelah banyak kejadian nggak mengenakkan menimpa penumpang. Nah, mengingat nggak ada yang bisa mengawasi perjalanan penumpang dari lokasi penjemputan ke lokasi pengantaran, akan lebih baik sebenarnya kalau ada semacam ‘tombol darurat’ yang bisa dimanfaatkan penumpang ketika terjebak di situasi darurat. Dan mungkin perusahaan juga bisa melakukan pengawasan langsung pada pengemudi lewat GPS yang bisa disaksikan di pusat.

Kasus ini juga bisa jadi pelajaran berharga bagi penumpang transportasi online di seluruh penjuru negeri

Penumpang juga harus waspada via student.cnnindonesia.com

Nggak cuma bisa jadi bahan refleksi perusahaan tempat para pengemudi transportasi online bernaung saja, tapi juga bagi penumpang. Meski pengemudi membawa nama perusahaan yang rasa-rasanya nggak mungkin kalau mereka menyelewengkan profesinya sendiri (beda kalau dibandingkan dengan ojek konvensional yang jarang diketahui siapa pihak yang mempekerjakan), tapi yang namanya kesempatan bisa datang kapan saja kan?

Nggak cuma di ranah transportasi online saja sih yang rawan akan tindak kejahatan. Bahkan di lingkungan yang katanya aman pun, tentu nggak menutup kemungkinan ada juga yang berbuat jahat. Intinya sih, tetap waspada dimanapun berada

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • 7 Aturan Aneh Kerajaan Inggris. Salah Satunya Prince George Harus Selalu Pakai Celana Pendek
  • 17.928 Lowongan CPNS Dibuka. Sebelum Ikut Daftar, Cek Kamu Udah Ikhlas Atau Masih Setengah Hati
  • WNI Terluka Setelah Dianiaya Penjaga Klub Korea Selatan Hanya Karena Ia ‘Orang Indonesia’. Kok Bisa?
  • Sudah Kantongi 12 Juta Views, Video Klip Lagu Akad Payung Teduh Tiba-tiba Di-blur. Ini Lho Sebabnya
  • Ancaman Korut Makin Menggila. Ini 5 Langkah Utama untuk Bertahan Hidup Jika Ada Serangan Nuklir

Sumber : detik-hotnews.com

Ancaman Korut Makin Menggila. Ini 5 Langkah Utama untuk Bertahan Hidup Jika Ada Serangan Nuklir

Ancaman Korut Makin Menggila. Ini 5 Langkah Utama untuk Bertahan Hidup Jika Ada Serangan Nuklir

Bertahan Hidup Hadapi Nuklir

Bom nuklir bisa dibilang merupakan legenda tersendiri di zaman modern ini. Bagi generasi muda, paling kita hanya mendengar atau membaca sejarah tentang betapa dahsyatnya kekuatan bom nuklir ketika membawa kehancuran total pada kota Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. Tapi bagi mereka yang hidup di era itu pastinya tahu, bom tidak hanya menghancurkan bangunan-bangunan saja, dampak radiasi nuklir masih bisa dirasakan bahkan setelah berpuluh-puluh tahun setelahnya.

Tapi kalau memang dilarang, harusnya dilarang buat semuanya ya… via www.icanw.org

Tragedi itu merupakan kali pertama dan terakhir bom nuklir pernah dijatuhkan di muka bumi ini. Bahkan negara-negara yang semasa itu bertikai sekalipun, langsung setuju kalau bom atau senjata nuklir harus dilarang selamanya. Dampaknya terlalu mengerikan dan tidak berperikemanusiaan untuk dipakai dalam kondisi apapun. Sejak saat itu, larangan untuk memakai atau mengembangkan senjata nuklir jadi hukum internasional. Tapi apalah arti hukum internasional buat negara seperti Korea Utara.

Meski yang ‘diperbolehkan’ hanya 5 negara, akhirnya ada beberapa lain yang tetap ‘bandel’ membuat senjata nuklir via ibtimes.co.in

Negara super tertutup itu baru saja meluncurkan ancaman nuklir terbesarnya dengan mengirimkan misil yang sampai melewati wilayah Jepang. Dunia langsung siaga satu menghadapi kemungkinan untuk kembali berhadapan dengan senjata nuklir. Tapi apa ya yang harus kita lakukan jika ada bom atau serangan nuklir? Walaupun kita sudah sering diberi tahu bagaimana melindungi diri ketika terjadi gempa bumi, kebakaran, atau kondisi darurat lain, pastinya belum banyak yang tahu hal-hal penting apa saja yang harus dilakukan jika ada bencana nuklir. Bukan hanya berserah pasrah saja, ternyata masih ada hal-hal penting yang bisa menyelamatkan kita di tengah serangan nuklir.

Advertisement

Semoga dunia tidak perlu lagi menyaksikan tragedi nuklir mengerikan seperti Hiroshima dan Nagasaki, tapi supaya bisa berhati-hati, Hipwee News & Feature udah buat ulasannya buat kamu semua…

1. Kecuali yang berada di pusat ledakan, most likely korban terbesar dari ledakan nuklir adalah mereka yang tertimpa reruntuhan. Jadi mencari tempat berlindung yang benar adalah kunci survival

Semakin tinggi nilainya, makin aman dari risiko setelah ledakan via futurism.com

Shelter atau bunker manapun sebenarnya mungkin tidak bisa bertahan jika terkena ledakan langsung bom nuklir. Tapi jika berhasil selamat dari ledakan pertama, kamu masih harus secepat mungkin mencari tempat terbaik untuk berlindung dari energi hempasan bom nuklir yang sangat kuat dan menyebar ke samping menyerupai jamur. Sebagaimana dilansir dari Futurism, energi ledakan sewaktu peristiwa Hiroshima dan Nagasaki masih bisa dirasakan secara langsung sampai sejauh 4 km dari ground zero atau titik jatuhnya bom. Makanya banyak korban yang juga meninggal terkena reruntuhan bangunan dan objek yang bertebangan setelah ledakan.

Ruang bawah tanah dan lantai tengah dari gedung konkret yang kokoh merupakan tempat berlindung paling aman dari risiko hempasan bom. Seperti yang bisa dilihat dari gambar di atas, ruang apapun yang letaknya di lantai dasar atau selevel dengan permukaan tanah itu sangat tidak aman.

2. Bukan cuma energi hempasan, kontaminasi nuklir yang tersebar di udara harus dihindari sebisa mungkin. Kamu bakal disarankan untuk tidak keluar ruangan selama minimal 2 minggu

Terpapar radiasi nuklir bisa menyebabkan penyakit serius seperti kanker via pksafety.com

Selain ledakan, bom nuklir juga bakal menyebabkan radiasi sampai membuat suatu tempat tidak aman untuk ditinggali dalam waktu lama. Inilah alasan mengapa bom maupun senjata nuklir sangat berbahaya. Radiasi nuklir sudah terbukti bisa mengakibatkan mutasi gen manusia dan akhirnya menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker. Efek jangka panjang juga yang tak kalah mematikan inilah yang harus dihindari.

Sedikit berbeda dari mencari tempat berlindung dari hempasan, kriteria utama untuk melindungi dari radiasi nuklir hanyalah ruangan yang tertutup rapat. Partikel-partikel nuklir yang terbawa angin bisa menyebar lebih luas dan bertahan paling tidak 2 minggu di udara hingga terurai dengan sendirinya. Makanya jika memang terjadi serangan nuklir, kamu harus tetap bertahan di dalam ruangan dan menutup jendela serta ventilasi rapat-rapat hingga kadar udara di luar aman.

3. Meski sudah berada di tempat aman, jangan sekali-kali mendongak ke atas melihat ledakan hanya karena penasaran. Risiko untuk mengalami kebutaan sementara sangat tinggi

Jangan melihat langsung ke arah ledakan via www.stlaserstrike.com

Saking berbahayanya, hampir semua negara di dunia ini memang berusaha sebisa mungkin mencegah penggunaan senjata atau pecahnya konflik nuklir. Kalaupun ada negara ‘membandel’ seperti Korea Utara, pemerintah negara-negara terdekat seperti Korea Selatan dan Jepang selalu mempersiapkan dan memperingatkan warganya jika sewaktu-waktu ancaman nuklir Korut bertambah. Seperti alarm dan pesan singkat yang langsung disiarkan pemerintah Jepang ketika misil Korut melewati wilayahnya minggu lalu.

Kalaupun kamu sudah dalam keadaan siap setelah telah ada peringatan resmi dari pemerintah untuk berlindung, jangan sekali-kali berpikir untuk melihat langsung ke arah ledakan. Kamu bakal berisiko tinggi terkena flash blindness, kebutaan sementara karena cahaya yang sangat terang.

4. Jika sudah terlanjur terkena debu atau partikel radiasi, langkah pertolongan pertama adalah dengan melepaskan semua baju terluarmu

Meski cepat menyebar, tapi biasanya hanya menempel di pakaian terluarmu via www.hipwee.com

Langkah penyelamatan pertama dari risiko terkena dampak jangka panjang radiasi nuklir adalah sesederhana melepaskan pakaian terluarmu. Partikel radiasi nuklir memang sangat halus dan bahkan sampai tidak terlihat, tapi biasanya hanya menempel pada permukaan terluar dari tubuhmu. Setelah melepaskan dan membuang semua pakaian yang terkontaminasi, kamu bisa langsung membersihkan seluruh badan dengan air dan sabun.

5. Harus langsung mandi dan keramas begitu terpapar partikel nuklir, tapi ingat: jangan pakai kondisioner! Meski terdengar random, tapi jika tidak diikuti, ternyata bisa fatal

Kondisioner justru bisa mengikat dan menyerap partikel nuklir yang radioaktif via stylecraze.com

Mungkin langkah ini terdengar tidak penting dan tidak masuk akal, tapi ternyata penting banget buat meningkatkan level survival dalam menghadapi bencana nuklir. Kamu memang harus cepat-cepat mandi dan keramas, tapi jangan pernah pakai kondisioner jika ada risiko radiasi nuklir di sekitarmu. Kenapa? Ternyata kondisioner memiliki karakteristik khusus yang justru bisa membuat partikel-partikel nuklir halus di udara menempel dan terserap. Jelas itu sangat berbahaya bagi kesehatanmu ke depannya. Jadi inget ya, jangan pakai kondisioner!

Begitulah kiranya langkah-langkah yang harus kamu tahu untuk bertahan hidup kalau-kalau ada serangan nuklir. Semoga aja sih nggak terjadi, tapi kalaupun terjadi, paling tidak kamu sudah tahu fakta-fakta ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Dikira Bakal Liput Apa, Kim Jong Un Undang 200 Wartawan Asing untuk Pamer Jalan & Gedung Baru
  • WannaCry: 4 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Serangan Malware Ganas yang Sedang Menyerang Dunia
  • Bocoran Info Tentang Resolusi Tahun Baru Kim Jong-Un, Dunia Patut Waspada Sambut Tahun 2017
  • 5 Kisah Mereka yang Berhasil Lari dari Korea Utara dan Pertama Kalinya Bisa Melihat Dunia Luar
  • Bahaya, Di Era Trump Ajudan Rahasia yang Bawa Koper Nuklir Ini Bisa Diajak Selfie Ria!

Sumber : detik-hotnews.com

17.928 Lowongan CPNS Dibuka. Sebelum Ikut Daftar, Cek Kamu Udah Ikhlas Atau Masih Setengah Hati

17.928 Lowongan CPNS Dibuka. Sebelum Ikut Daftar, Cek Kamu Udah Ikhlas Atau Masih Setengah Hati

CPNS Sepenuh Hati

Beberapa hari ini mau buka Twitter, Line, Facebook, sampai Instagram, semua pada heboh bukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Apalagi di grup keluarga, nggak usahlah ditanyakan lagi. Mulai dari ibu, bapak, bude, pakde, om, tante, semua berlomba-lomba forward situs pendaftaran di berbagai instansi pemerintah, dibarengi dengan kalimat, “Coba tuh CPNS, lagi bukaan lho”. Bahkan nggak sedikit juga yang mencoba kalimat lebih ‘ganas’ dengan berujar,

Mbok sana coba CPNS, kan enak kalau kerja di pemerintahan, terjamin.”

Bagi yang dari lahir sudah bercita-cita jadi PNS sih euforia pendaftaran ini tentu disambut gembira bukan kepalang. Tapi melihat kisah teman-teman sendiri, ternyata nggak sedikit juga yang ‘terpaksa’ daftar CPNS cuma buat memenuhi harapan orangtua atau punya status ‘terjamin’. Well, sah-sah aja sebenarnya toh memang orang hidup itu butuh kepastian dan tentunya duit. Cuma sedikit menyedihkan aja sih melihat bagaimana negeri ini mengagung-agungkan segelintir pekerjaan seperti PNS atau pegawai BUMN. Kok kayaknya mimpi anak-anak muda Indonesia harus dibatasi oleh obsesi mengejar kenyamanan untuk dijamin negara sampai tua?

Padahal kalau melihat negara-negara maju, justru banyak yang punya penghidupan dan jadi ahli dari bidang yang benar-benar digeluti. Keberagaman itu deh yang kayaknya justru dari kayaknya dari kunci kesejahteraan mereka. Yah semoga aja meski daftarnya setengah hati, besoknya jika terpilih jadi PNS bisa mengabdi ke negara sepenuh hati dan membuat Indonesia lebih maju.

Iming-iming hidup terjamin sampai tua jadi alasan mayoritas anak muda menjajal peruntungan jadi PNS

Tes CPNS via fajar.co.id

Advertisement

Gaji oke, tunjangan cakep, pensiunan ciamik, siapa sih yang nggak mau? Saya pun sebagai penulis di Hipwee jelas nggak akan menolak iming-iming ini. Maklum cyin, harga makeup makin mehong! Tapi kembali lagi ke: apa sih impian karirmu yang sebenarnya? Kalau kata Susan sih, “Kalau gede, mau jadi apa?”. Oke, hidupmu secara ekonomi akan terjamin lewat gaji dan lain sebagainya itu. Tapi buat yang masih mikir alasan daftar CPNS karena uang, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu yakin seratus ribu persen kalau uang aja bisa bikin bahagia lahir batin?

Sebagian lagi berusaha menjadi anak yang berbakti karena sebenarnya jadi PNS cuma impian sang orang tua

Profesi PNS impian orang tua via nusantaranews.co

Nah, ini juga terjadi sama teman saya sendiri. Kemarin dia cerita kalau dipaksa mati-matian sama ibunya buat daftar CPNS tahun ini. Bahkan menurut pengakuannya sendiri dia sampai pernah bertengkar sama ibunya gara-gara ‘pemaksaan’ ini. Dia sendiri sebenarnya nggak mau, nggak passion, dan merasa nggak cocok kerja di lingkungan strict macam PNS begitu. Ya, kalau lihat teman saya yang rebel gitu sih jelas karir sebagai PNS mau sampai kapanpun nggak bakal cocok buat orang macam dia. Tapi pada akhirnya dia tetap rela mengumpulkan berkas dan daftar di Kementerian Hukum dan HAM RI. Wah, masuk surga kayaknya kamu, Jon (nama disamarkan)!

Padahal nggak sedikit juga pekerja di sektor-sektor mainstream justru bermimpi jadi seniman internasional

Profesi seniman masih dipandang sebelah mata via hello-pet.com

Sektor mainstream yang dimaksud di sini nggak cuma di wilayah pemerintahan aja, tapi juga profesi lain yang sering disebut anak kecil kalau ditanya cita-cita mereka mau jadi apa. Kalau nggak dokter, polisi, tentara, ya guru. Padahal nggak menutup kemungkinan banyak dari mereka yang sekarang sudah menjajak karir di sektor pemerintahan malah sebenarnya ingin jadi pelukis, fotografer artis Hollywood, atau bahkan ahli nuklir. Tapi sekali lagi, profesi-profesi tersebut nggak familiar di mata sesepuh-sesepuh mereka. Daripada dianggap durhaka, ya ikuti aja lah!

Meskipun era udah modern dan jenis pekerjaan makin beragam, ternyata masih banyak juga yang lebih pilih jadi PNS buat “cari aman”

Awkarin, selebgram tersohor negeri via aura.tabloidbintang.com

Apalagi zaman sekarang. Jadi selebgram aja juga bisa menghasilkan duit! Malah berkali-kali lipat dari gaji+tunjangan+pensiunan PNS kan. Tengok aja Karin Novilda atau yang akrab disapa Awkarin itu. Dengan jumlah pengikut 2 juta lebih, brand mana yang nggak ingin kerjasama sama dia? Ya meskipun profesi selebgram belum bisa ditulis sebagai pekerjaan di KTP, tapi kalau selama ini kamu kerja semata-mata biar kaya raya dan bisa liburan ke luar negeri, ikuti aja jejak Awkarin. Nggak ding ini bercanda!

Harapan untuk yang sekarang bersibuk-sibuk ria menyiapkan berkas pendaftaran CPNS, semoga terhindar dari penyesalan dan bisa membawa Indonesia jadi lebih baik

Semoga bisa mengabdi sepenuhnya pada negeri via bapenda.jabarprov.go.id

Di sini bukan saya bermaksud menghasut kalian-kalian yang menggebu-gebu daftar CPNS kok. Salah besar kalau kalian berpikir begitu. Melalui tulisan ini saya cuma ingin memberikan perspektif lain berdasarkan fakta-fakta di lapangan yang saya kantongi dari pengalaman orang-orang di sekitar saya kok. Buat kamu yang sekarang lagi cetak CV, fotokopi ijazah, dan lainnya, semoga kamu dijauhkan dari penyesalan di keesokan hari dan bisa membawa Indonesia jadi lebih baik!

Biar gimanapun, setiap orang bertanggung jawab atas keputusan masing-masing kok. Mau jadi PNS, jurnalis, menteri, atau Youtuber, asal senang-senang aja, kenapa nggak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Coba Cek Diri Sendiri Yuk! Selama Ini Ibadah Kita Sudah Sepenuh Hati Atau Hanya Pencitraan?
  • Ingin Ganti Hp Baru? Coba Cek Dulu Beberapa Daftar Hp Murah Ini
  • Sebelum Merengek Minta Dihalalin, Coba Cek Pemahaman Tentang Pernikahan Ini!
  • Kenalan Yuk Sama Bapak Pendiri Asgardia! Buat yang Udah Daftar atau Baru Pengen Doang, Wajib Tahu
  • Biasakan Cek Hasil Editan Foto Sebelum Dipublikasikan atau Siap Malu-maluin Kayak 20 Foto Ini

Sumber : detik-hotnews.com