Khusus Sambut Olimpiade, Korea Selatan Bakal Bebaskan Visa Buat Indonesia Lho

Khusus Sambut Olimpiade, Korea Selatan Bakal Bebaskan Visa Buat Indonesia Lho

Oppa Taeyang siap menyambut!

Berlibur ke Korea Selatan sepertinya merupakan impian banyak orang. Termasuk bagi orang Indonesia yang banyak mengidolakan drama dan musik dari negeri ginseng tersebut. Tapi adanya visa mau nggak mau membuat calon wisatawan harus merogoh kocek lebih banyak lagi. Kabar gembira buat yang bermimpi ingin pergi ke sana, tahun depan wisatawan Indonesia tak lagi dibebankan visa.

Pembebasan visa ini dilatarbelakangi gelaran Olimpiade musim dingin yang akan diadakan di Korea Selatan. Selain itu tentu saja ada motif untuk menggenjot angka wisatawan yang bertandang ke Korea Selatan. Tapi ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi jika ingin bebas visa loh. Simak uraian Hipwee News and Feature berikut ya!

Pembebasan visa liburan ada batas waktunya dan khusus bagi wisatawan yang datang dari bandara regional Yangyang saja

Relawan Olipiade musim dingin Korea Selatan via tmpo.co

Korea Selatan memberlakukan bebas visa bagi para wisatawan yang datang dari beberapa negara di Asia Tenggara. Upaya ini buat menyambut gelaran Olimpiade musim dingin yang akan dilaksanakan pada Februari tahun depan di kawasan pegunungan Pyeongchang. Sejauh ini, syarat liburan bebas visa ke Korea Selatan menurut informasi dari CNN adalah datang melalui bandara regional Yangyang di provinsi Gangwon. Sementara waktu berlakunya diperkirakan hingga April mendatang.

“Detail waktu dan teknisnya seperti apa masih harus ditanyakan ke otoritas Korsel,” Ujar Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi, saat ditemui tim CNN.

Bagi yang datang melalui Bandara Incheon, tetap bisa bebas visa kok. Caranya dengan manfaatkan transit 72 jam

Advertisement

Kelilingi Korsel bebas visa via www.triphobo.com

Kalau datang melalui bandara regional di Yangyang, ternyata tetap bisa jalan-jalan loh. Kamu bisa mendarat di Bandara Incheon dan kemudian memanfaatkan waktu transit 72 jam untuk keliling kota. Lumayan kan, 3 hari untuk mengunjungi Korea Selatan bebas visa. Kalau yang ingin puas berlibur, memang sepertinya lebih baik datang langsung dari Yangyang. Tempo bahkan menyebutkan kalau hingga kini pemerintah Korsel menyediakan 2.200 kamar untuk wisatawan yang hendak menonton Olimpiade dan sekalgus berkunjung ke tempat wisata. Jadi nggak usah takut bakal kehabisan penginapan guys!

Sektor wisata Korea Selatan memang banyak diminati orang Indonesia. Bisa jadi memang banyak yang penasaran ingin lihat oppa-oppa layaknya di drama

Siapa juga yang nggak mau ke Pulaiu Jeju dan berburu oppa-oppa? via indowarta.com

Jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan setiap tahunnya meningkat. Hal ini disampaikan langsung oleh Umar Hadi. Data di tahun 2016 saja jumlah wisatawan Indonesia ke Korea Selatan mencapai 350 ribu orang. Wah, pantas saja Menteri Kauangan Korsel juga menganggap sektor pariwisata mereka mampu menghidupkan industri dan menciptakan banyak sekali lapangan pekerjaan. Siapa nih yang masih dalam tahapan nabung buat ke Korea Selatan? Kayaknya kamu perlu memanfaatkan momen Olimpiade musim dingin ini buat berangkat.

Meski kayaknya cuma buat sementara aja, tapi seenggaknya momentum ini bisa kamu manfaatkan untuk liburan ke negeri gingseng sekalian nonton olimpiade. Tenang, gelaran Olimpiade musim dingin akan dimulai Februari tahun mendatang. Ada waktu sekitar 3 bulan buat menabung dan merencanakan liburanmu kesana!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • WNI Terluka Setelah Dianiaya Penjaga Klub Korea Selatan Hanya Karena Ia ‘Orang Indonesia’. Kok Bisa?
  • Wajib Tahu, Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia Bakal Diganti Lho
  • Bentar Lagi Obama Bakal ke Indonesia Lho! Bukan Cuma Liburan Doang, Ini Kira-kira Agendanya
  • 7 Merk Kosmetik Korea yang Wajib Dicoba; Cocok Buat Masalah Kecantikan Orang Indonesia!
  • Leading Man Korea dari Masa ke Masa. Sebelum Gong Yoo, Ini Deretan Cowok Idaman Korea Selatan

Sumber : detik-hotnews.com

Berbagi Pengalaman Dibius Total, Ternyata Nggak Seseram Kata Orang kok!

Berbagi Pengalaman Dibius Total, Ternyata Nggak Seseram Kata Orang kok!

Bius total dan fakta tentangnya

“Duh aku tuh takut kalau bius total bakal nggak bangun lagi.”

“Iya, masalahnya kan hidup kita bergantung sama alat pas dibius.”

“Nanti tuh katanya orang yang sadar dari bius total bakal kaget gitu dan susah nafas pas bangun.”

Kira-kira itu sederet respons orang saat saya cerita mau operasi gigi impaksi pakai bius total (umum).

Impaksi gigi sendiri terjadi ketika calon gigi yang akan tumbuh terhalang jalan pertumbuhannya sehingga gigi itu tak bisa keluar atau tumbuh normal. Penyebabnya bisa karena rahang terlalu kecil, jadi ruang gigi tumbuh juga minim.

Hasil rontgen gigi impaksi via rsgm.maranatha.edu

Tapi meski saya lebih percaya ahli medis ketimbang kabar burung itu, tetap aja saya harus menghabiskan malam lebih lama karena susah tidur, kepikiran omongan orang. Meski begitu, saya tetap memilih cabut tiga gigi sekaligus dan dibius total dibanding cabut satu-satu dengan bius lokal, dan menghabiskan waktu dua bulan lamanya buat bolak-balik rumah sakit. Big no no deh, mending sekali datang kelar urusan.

Advertisement

Di #HipweeJurnal kali ini saya pengen banget (kalau kata Arintya, “pengen aja”), meluruskan apa yang selama ini banyak dipercaya orang soal bius total ini. Intinya setiap dokter pasti akan memberi pilihan plus memberi tahu berbagai risikonya. Dan kalau memang dokter lebih menyarankan bius total, tak perlu gundah, apalagi gulana. Ini lho 4 fakta yang harus kamu tahu, biar nggak parno aja~

1. Tenang, kamu akan menjalani serangkaian tes dulu kok sebelum dibius total. Dari hasil tes itu bisa diketahui sebenarnya tubuhmu siap atau nggak menerima anestesi

Harus menjalani tes darah dulu via www.macleans.ca

Jangan dulu berpikir dokter bakal begitu saja menyuntikkan anestesi ke tubuh seseorang tanpa tahu bagaimana kondisinya lebih dulu. Lewat tes darah, cek tensi, dan berbagai wawancara singkat dengan perawat, kamu jadi bisa dinilai, sebenarnya apakah tubuhmu siap dibius. Kalau ternyata hasilnya menunjukkan kamu nggak cukup sehat untuk diberi anestesi, pasti dokter bakal menunda operasi dan menganjurkan kamu melalui berbagai tahapan dulu guna mempersiapkan diri sebelum pembedahan. Jadi kemungkinan kamu nggak bangun atau hal-hal menakutkan lainnya bisa diminimalisir.

2. Obat anestesi sendiri memang bisa menimbulkan efek samping. Tapi sekali lagi, ini semua tergantung kondisi dan kebiasaanmu

Anestesi bisa disuntik lewat infus atau dihirup lewat hidung via health.clevelandclinic.org

Obat bius bisa menimbulkan beberapa keluhan pada pasien seperti mual, muntah, gatal, pusing, atau menggigil. Biasanya efek itu tak berlangsung lama. Lebih parah lagi malah bisa menyebabkan komplikasi hingga kematian. Tapi kemungkinannya sangat kecil dan sekali lagi, tergantung dari jenis biusnya apa, usia, kondisi kesehatan, sampai gaya hidup pasien. Semakin buruk kebiasaanmu misal mengonsumsi narkoba, alkohol, dan merokok, maka semakin besar kemungkinan munculnya efek samping seperti di atas. Jadi alangkah baiknya kalau kamu jauh-jauh hari sudah berupaya hidup lebih sehat. Yang paling penting adalah ikuti semua petunjuk dokter, termasuk anjuran puasa paling tidak delapan jam sebelum operasi dilakukan.

3. Selama kamu nggak sadar, tubuhmu akan bekerja dengan dibantu alat. Tapi tenang, dokter pasti akan terus memantau kondisimu lewat alat itu kok

Dipantau lewat monitor via footage.framepool.com

Saat dibius total, bisa dibilang tubuhmu tak lagi berfungsi karena saraf yang mengirim informasi ke otak jadi berhenti. Dalam kondisi ini tubuhmu perlu dipasang alat bantu pernafasan dan lainnya. Selain membantumu tetap hidup, alat-alat tersebut juga digunakan dokter untuk memantau denyut dan irama jantung, serta peredaran dan tekanan darahmu. Jadi nggak perlu khawatir kalau terjadi hal-hal aneh dalam tubuhmu selama operasi, karena alat-alat tadi akan langsung mengirim tanda lewat bunyi atau simbol di monitor. Dan dokter pasti siap dengan segala kemungkinan yang ada.

4. Ketika bangun, kamu cuma akan merasakan lemas kok. Nggak jauh beda sama bangun dari tidur biasa

Sadar pelan-pelan via obattumorotak.exl.me

Berdasarkan pengalaman saya dibius kemarin, saya benar-benar nggak merasakan apapun saat operasi dilakukan. Kalau nggak salah sebelum sadar bahkan saya sempat bermimpi jadi miliarder. Nggak dingwong saya lupa mimpinya apa. Pokoknya waktu sadar tuh badan rasanya super duper lemas tak berdaya, bahkan angkat kaki aja nggak mampu. Proses dari tidur ke bangun juga biasa saja, nggak ada cerita saya kaget dan bangun dengan megap-megap mirip ikan kalau terdampar di darat. Boro-boro megap-megapbuka mata aja rasanya nggak sanggup saking lemasnya. Tapi tenang aja, lemas memang wajar dialami orang-orang yang baru sadar dari pengaruh bius kok. Selang 3 jam kemudian saya aja udah bisa ketawa-ketawa.

Itu dia fakta-fakta soal bius total berdasarkan pengalaman saya kurang dari 2 minggu lalu. Oh ya, ada yang bilang juga sama saya kalau lepas jahitan itu sakitnya ngalah-ngalahin diputusin pacar tanpa kepastian. Padahal saya justru nggak merasakan apapun waktu jahitan dilepas minggu lalu. Malah saya tanya, “Lho kok sudah, Dok? Kan saya mau lagi.”

#HipweeJurnal adalah ruang dari para penulis Hipwee kesayanganmu untuk berbagi opini, pengalaman, serta kisah pribadinya yang seru dan mungkin kamu perlu tahu 

Baca tulisan #HipweeJurnal dari penulis lainnya di sini!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Curhatan Pasien Klinik Psikologi: Saya Nggak Gila kok! #HipweeJurnal
  • Fakta Bahwa Anak Bungsu Nggak Melulu Manja. Jangan Percaya Kata Orang Saja!
  • Siapa sih yang Mewajibkan Kita Harus Selalu Bahagia? Sedih itu Nggak Ada Salahnya Kok! #HipweeJurnal
  • Tak Perlu Muluk-muluk, Menikah Hanya tentang Berjuang Bersama Orang yang Tepat #HipweeJurnal
  • Miris Ketika Orang Tua yang Ternyata "Mendewasakan" Anaknya, Tapi Begitulah Fakta yang Ada

Sumber : detik-hotnews.com

Langsing Itu Nggak Bisa Langsung! Pencernaan Rusak Hingga Kematian, Cek Deh Bahaya Obat Pelangsing

Langsing Itu Nggak Bisa Langsung! Pencernaan Rusak Hingga Kematian, Cek Deh Bahaya Obat Pelangsing

Bahaya obat pelangsing

Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah impian setiap orang, nggak terkecuali cowok maupun cewek. Nggak heran, mereka yang ingin tubuhnya terlihat sempurna rela melakukan segala cara demi mewujudkan keinginannya tersebut. Mulai dari melakukan olahraga rutin dengan tujuan untuk membakar kalori hingga diet ketat dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu guna mengurangi tumpukan lemak. Di sisi lain, ada juga beberapa orang yang memilih untuk menempuh cara instan untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat pelangsing. Biasanya, obat-obatan ini dapat diperoleh dengan mudah secara online, nggak harus pergi ke apotek atau dokter kecantikan.

Maraknya peredaran obat pelangsing ini pun membuat konsumen semakin jorjoran untuk membeli dan mengonsumsinya dengan berbagai pilihan yang tersedia di pasaran. Namun demikian, beberapa produk pelangsing ini ternyata memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh karena mengandung bahan-bahan kimia yang dilarang penggunaannya. Efek sampingnya pun nggak main-main, mulai dari mengganggu pencernaan hingga kematian. Bersama Hipwee News & Feature, berikut efek samping yang dapat ditimbulkan oleh obat pelangsing dengan bahan-bahan yang berbahaya, seperti yang dilansir dari Halo Sehat.

1. BAB berlebihan yang membuat tubuh kekurangan banyak cairan karena memaksa semua isi dalam usus untuk dikeluarkan

BAB berlebihan via womanista.com

Salah satu kandungan yang banyak terdapat di dalam obat pelangsing adalah orlistat. Kandungan inilah yang menyebabkan pengguna menjadi terlalu sering BAB. Orlistat akan merangsang kontraksi usus besar sehingga BAB menjadi lebih lancar. Jika dikonsumsi secara terus menerus, maka akan menyebabkan diare yang berkelanjutan dan menjadikan tubuh dehidrasi dan lemas hingga sulit beraktivitas. Selain itu, kandungan ini juga mengakibatkan sering buang gas dan kram perut.

Kasus ini pun dialami oleh Ida, seorang TKW yang bekerja di Taiwan yang mengalami komplikasi perut yang menjalar hingga ususnya hancur berantakan akibat mengonsumsi teh diet sembarangan. Dokter pun sudah tak kuasa menangani komplikasinya yang begitu parah hingga akhirnya Ida harus meregang nyawa.

2. Proses metabolisme tubuh jadi nggak terkontrol, alhasil beberapa organ tubuh pun jadi rusak

Advertisement

Metabolisme terganggu via www.videoblocks.com

Setiap makanan yang dikonsumsi diperlukan untuk proses metabolisme di dalam tubuh yang menghasilkan kalori untuk melakukan aktivitas. Saat mengkonsumsi obat pelangsing, salah satu kandungan di dalamnya akan memengaruhi proses metabolisme dalam tubuh sehingga menjadi nggak terkontrol. Organ-organ tertentu seperti ginjal, jantung maupun hati akan menolak adanya obat tersebut dan mengalami kerusakan karena bekerja terlalu keras.

Seperti halnya yang menimpa Eloise Parry, seorang mahasiswi berusia 21 tahun yang meninggal dunia setelah mengonsumsi pil pelangsing yang dibelinya secara online. Ia merasakan rasa terbakar dari dalam tubuhnya setelah menelan zat beracun yang dikenal dengan Dinitrophenol atau DNP. Metabolismenya meningkat tajam dan tubuhnya pun sangat panas. Naas, korban tak terselamtkan setelah 3 jam dilarikan ke rumah sakit.

3. Tubuh akan kekurangan nutrisi karena efek penahan nafsu makan yang ditimbulkan oleh salah satu kandungan dalam obat pelangsing

Cepat lelah via www.snoringfaqs.com

Di dalam obat pelangsing, juga terkandung phenterimine dan topiramate yang berperan dalam mengurangi nafsu makan. Ketika mengkonsumsi obat pelangsing, kebanyakan penggunanya terkondisi untuk nggak memperhatikan kebutuhan nutrisi dengan baik. Mereka justru akan menahan lapar dan mengurangi gizi-gizi penting yang masuk ke dalam tubuh. Jika dikonsumsi terus menerus maka proses metabolisme pun menjadi terhambat. Nggak heran, seseorang yang mengonsumsi obat pelangsing cenderung mudah capek saat melakukan aktivitas.

4. Bertambah cepatnya detak jantung sehingga intensitasnya menjadi nggak normal

Jantung berdebar kencang via www.womenshealth.gov

Salah satu efek samping dari pemakaian obat pelangsing adalah mempercepat detak jantung yang cenderung nggak teratur. Hal tersebut disebabkan karena penyaringan obat di dalam darah yang menyebabkan jantung bekerja keras untuk memompakannya lebih kuat. Kandungan penthermine di dalam obat pelangsing menjadi salah satu yang menyebabkan jantung berdebar semakin cepat. Meningkatnya kerja detak jantung yang lebih cepat menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat. Hal ini tentu bisa menjalar ke gangguan kardiovaskuler lainnya seperti struk dan serangan jantung.

5. Jika penggunaan obat pelangsing berhenti, maka efeknya tubuh menjadi lebih gemuk dari sebelumnya

Timbangan naik lagi jika berhenti konsumsi via marquetteelementaryschool.org

Salah satu efek samping mengonsumsi obat pelangsing adalah ketergantungan yang memicu berbagai macam gangguan kesehatan. Biasanya, ketergantungan akan obat pelangsing ini terjadi ketika pengguna harus terus mengkonsumsi obat pelangsing agar berat badannya tetap terjaga. Hal ini merupakan efek lanjutan dari nggak terkontrolnya metabolisme tubuh. Proses pembakaran hanya menggantungkan dari konsumsi obat pelangsing. Padahal seharusnya, pembakaran lemak wajib mengandalkan proses metabolisme tubuh. Cara kerja obat pelangsing ini sama halnya saat mengonsumsi alkohol, rokok ataupu narkoba. Kandungan penthremine yang ada di dalam obat pelangsing yang akan menyebabkan kecanduan.

6. Munculnya berbagai komplikasi dan penyakit serius yang berdampak pada kematian

Kematian via www.emaze.com

Jika terus menerus mengonsumsi obat pelangsing, hal ini akan berdampak terhadap munculnya berbagai penyakit serius yang nantinya akan berujung pada kematian. Salah satunya kandungan yang menyebabkan kematian seperti epedhra. Bahan ini memengaruhi kadar gula darah, menyebabkan tekanan darah tinggi, dan mengakibatkan keracunan dan kematian jika dikonsumsi anak-anak. Adapun zat lain yang dianggap berbahaya seperti sibutramin, rimonabant (zimulti), dan phenytoin. Sejak tahun 2001, BPOM telah melarang penyebaran produk-produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya ini.

Sebelum mengonsumsi obat atau suplemen pelangsing secara sembarangan, alangkah baiknya untuk berkonsultasi lebih dulu pada dokter untuk mengetahui efek samping serta cocok nggaknya obat tersebut untuk tubuhmu. Menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rajin berolahraga akan lebih aman ketimbang menggunakan produk-produk kimia yang instan. Semoga kamu lebih bijak dalam bertindak, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Dunia Kedokteran Punya Teknik Baru Obati Luka Bakar. Bukan Salep atau Obat Khusus, Tapi Kulit Ikan!
  • Kisah Menyedihkan Perempuan Haid di Nepal. Diasingkan Sampai Harus Bertaruh Nyawa
  • Zambia, Negara Terbaru yang Akui Hak Wanita Cuti Di Kala Haid. Perdebatan Cuti Menstruasi Berlanjut
  • Sindrom Toxic Shock, Bahaya yang Mengancam Pemakai Tampon. Tapi Kenapa Ya Tampon Tetap Saja Populer?
  • Lihat Cewek ‘Bocor’ Saat Haid, Aksi Cowok Korea Ini Gentleman Abis!

Sumber : detik-hotnews.com

9 Festival Dunia Paling Asyik buat Gila-gilaan, Catat Waktu Gelarannya Masing-masing!

9 Festival Dunia Paling Asyik buat Gila-gilaan, Catat Waktu Gelarannya Masing-masing!

Tenang, ini bukan darah, tapi tomat

Liburan ke berbagai belahan dunia seringkali jadi impian tersendiri buat banyak orang. Berpose di depan monumen-monumen dan tempat-tempat yang jadi ikon dunia seperti sebuah keharusan bagi generasi milenial. Nggak lupa, foto keseruan liburanmu pun kamu unggah ke sosial media sebagai legitimasi bahwa, “aku pernah menjejakkan kaki di sini”. Siapa sih yang nggak mau secara sah dicap jadi traveler yang pernah keliling dunia?

Tapi di beberapa negara destinasi liburan, seringnya orang memilih berkunjung ke tempat mainstream yang kesannya jadi sangat ngebosenin. Nggak jarang traveler yang jauh-jauh berkunjung pun mengeluh, “jadi gini doang?”. Daripada kamu merasakan penyesalan yang sama, mendingan dari sekarang kamu catat tanggal berikut dan berangan-anganlah untuk bisa ke sana suatu saat. Nggak ada salahnya punya rencana luar biasa. Yuk simak uraian soal festival yang worth buat kamu jadikan destinasi liburan serumu!

1. Festival Up Helly-AA di Skotlandia, datanglah ke sini di bulan Januari, acaranya super seru

Festival api terbesar se-Eropa ada di St. Ninian’s Isle, Lerwick via Shetland.org

Orang-orang berkumpul dengan mengenakan kostum Viking dan membakar benda-benda di sekitaran kota kecil bernama Lerwick. Tujuan dari festival ini adalah untuk merayakan berakhirnya musim Yule dengan membakar perahu Viking.

2. Ada festival semi telanjang di Jepang pada bulan Februari, kamu yang masih di bawah umur jangan coba-coba ke sini deh

Percaya deh, kamu nggak ingin liat gambar yang lebih jelas dari ini via traveltriangle.com

Advertisement

Festival ini namanya Hakada Matsuri, parade cowok telanjang di Okayama, Jepang. Festival ini melibatkan sekitar 10 ribu cowok yang hanya memakai cawat dan memperebutkan jimat yang dilempar oleh pemuka agama di sana. Wuih, nggak kebayang deh ributnya berebut satu benda keramat dengan keadaan hampir telanjang begitu, uh!

3. Lupakan soal pakaian bersih dan rapi, coba ke festival Holi Color di India dan bikin hari-harimu berwarna pada bulan Maret mendatang

Jangan sembur aku mbak! via youtube.com

Holi Color di India diadakan pada sekitar bulan Maret. Kamu bebas melempar dan menyemprotkan sebanyak-banyaknya bubuk warna pada peserta lain. Beragam warna seperti pink, kuning, ungu dan hijau menghiasi udara di sekitar festival di adakan. Ini bagus banget buat foto-foto dan menghiasi feed Instagrammu.

4. Bermain api itu boleh, tapi yang diwarnai suasana romantis dong. Festival lentera terapung di Hawai ada di bulan Mei

Mulai dari harapan akan masa depan sampai harapan soal hubungan dituliskan di ribuan lentera ini via www.flickr.com

Lebih dari 40,000 orang berkumpul di tepi laut Hawai untuk menghanyutkan ribuan lentera yang bertulisakan harapan-harapan pada orang tersayang. Festival ini bahkan sering masuk adegan di film-film romantis lho. Kayaknya seru banget kalau kamu datang bersama pasangan ya. Buat yang jomblo, sabar bray!

5. Jangan cuma berkunjung ke Pulau Jeju aja, cobalah ke Boryeong di Korea Selatan pada bulan Juli. Ikutan deh festival lumpur dan hadapi ketakutanmu pada kotoran

Berani kotor itu kan baik! via travelermagazine.net

Datanglah di bulan Juli ke Boryeong, Korea Selatan. Bergabunglah dengan warga lokal untuk menyambut festival berkubang di lumpur ini. Meski kotor, tapi kebersamaan dengan banyak orang akan bikin harimu jadi lebih fun. Sekali seumur hidup nggak apa-apa dong ngotorin badan sepuasnya.

6. Festival kejuaraan menyelam di selokan penuh lumpur di Llanwrtyd Wells, Wales setiap Agustus. Siapa berani ikutan juga nih?

Dibutuhkan keberanian dan mental yang tegar ya guys via 10Best.com

Menyelam di laut sudah biasa, kalau menyelam di lumpur? Inilah yang dilakukan orang-orang ketika festival kejuaraan menyelam di lumpur ini berlangsung. Nggak main-main, peserta datang dari berbagai negara demi memperebutkan gelar juara dan menyelami selokan berlumpur sepanjang lebih dari 100 meter.

7. Berkunjung ke Spanyol? Jangan lewatkan festival tomat atau La Tomatina di jalanan Bunol pada bulan Agustus

Seger banget nih guys! via dogonews.com

Buat merayakan bulan panen, masyarakat Spanyol mengadakan festival saling lempar tomat. Peserta disarankan untuk pakai baju berwarna putih untuk mengikuti festival ini, dan berakhir dengan baju yang jadi merah karena tomat. Meskipun nggak gratis, tapi uang yang kamu keluarkan sebanding dengan keceriaan yang akan kamu dapat.

8. Di bulan September, giliran kamu berkunjung ke Baza, Spanyol, Ada festival Cascamorras dan juga berkotor-kotoran, yay!

Tuang terus, jangan kasih kendor shay! via twitter.com

The Fiesta Cascamorras merupakan festival yang bertujuan untuk melawan “kerasukan” iblis. Warga percaya pada bulan September ada iblis yang berusaha merasuki manusia, sehingga mereka berlomba untuk saling mengotori tubuh yang biasanya dengan cairan hitam, agar iblis mengira mereka bukanlah orang suci. Tapi percaya deh festival ini nggak sengeri filosofinya, tetap dipenuhi keceriaan dan jadi destinasi liburan yang hakiki.

9. Festival kematian di Meksiko. Kalau kamu ingin merasakan sensasi kengerian ini coba datang ke Meksiko di bulan November deh!

Untung festivalnya siang, kalau malam merinding juga boy! via www.firstpost.com

Ratusan orang berkumpul di jalanan dan merayakan “kematian” atas saudara-saudara dan orang tersayang yang sudah pergi mendahului mereka. Banyak di antaranya yang berdandan layaknya mereka yang sudah meninggal sambil mengenangnya bersama keluarga. Duh, gimana kalau arwahnya pada dateng ya?

Sudah menentukan tujuanmu? Nggak ada salahnya mulai nabung dari sekarang buat berkunjung ke festival unik tersebut. Sekali-kali main agak jauh dikit guys biar dapet pengalaman tak terlupakan dan ada yang bisa kamu ceritain ke anak cucu nanti. Catet tanggalnya dan bookmark artikel ini deh, buruan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • 4 Hal Berikut Bisa Kamu Nikmati Selama Berkunjung Ke Ponorogo, Yuk Intip Keseruan yang Tiada Duanya !!
  • Daftar Polwan Cantik yang Sempat Bikin Heboh Jagad Media. Kalau Boleh Milih, Mau yang Mana?
  • 5 Karakter Teman Kantor yang Harus Diketahui Sekarang Juga. Kalau Kamu Sendiri Termasuk yang Mana?
  • 5 Fenomena Ajaib yang Bisa Kamu Dapatkan di Dieng Culture Festival. Rugi Besar Buat yang Melewatkan!
  • 5 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Datangi Saat Berkunjung ke Kulon Progo

Sumber : detik-hotnews.com

Menduduki Peringkat Pertama Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, BINUS UNIVERSITY Buktikan Diri

Menduduki Peringkat Pertama Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, BINUS UNIVERSITY Buktikan Diri

Pendidikan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sejak dini kita sudah harus diajarkan mengenyam ilmu dari bangku Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Tapi tak hanya itu, persaingan global di dunia kerja juga menuntut kita untuk terus menimba ilmu hingga setinggi-tingginya. Indonesia yang memiliki banyak universitas, baik negeri ataupun swasta membuat kita memiliki banyak pilihan. Semua tergantung oleh kemampuan material, kualitas instansi tersebut, hingga berdasarkan keinginan kita ingin memperoleh gelar sarjana apa nantinya.

Pada tanggal 16 Oktober 2017, Quacquarelli Symonds (QS) merilis QS ASIA University Ranking 2018. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil pemeringkatan terhadap lebih dari 400 perguruan tinggi dari 17 negara di Asia dan 23 Perguruan Tinggi di Indonesia. Dari hasil penilaian tersebut BINUS UNIVERSITY memperoleh peringkat Pertama Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Prestasi membanggakan ini pun membutkikan kalau BINUS UNIVERSITY terus berkomitmen untuk selalu menyediakan pendidikan yang berkualitas global.

sekolah itu penting via unsplash.com

“Suatu kebanggaan BINUS UNIVERSITY mendapatkan peringkat pertama perguruan tinggi swasta di Indonesia versi QS Star – Asia University Rankings 2018. Pencapaian ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat, stakeholder, dan khususnya BINUSIAN yang mendorong BINUS UNIVERSITY untuk terus memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Pencapaian ini juga semakin memotivasi kami untuk terus menciptakan lulusan yang berdaya saing global serta berkarya menjadi entrepreneurship yang dapat memberikan sumbangsih positif dalam pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ujar Nelly, S.Kom., MM – Vice Rector of Academic Operation & Resources.

Banyak tolok ukur yang dipertimbangkan untuk menentukan peringkat pertama perguruan tinggi swasta di Indonesia. Mulai dari academic reputation, employer reputation, faculty student, international faculty, international student, inbound exchange, hingga outbound exchange yang mengukur jumlah mahasiswa perguruan tinggi yang berpartisipasi sedikitnya satu semester pada program pertukaran mahasiswa di level internasional.

Bukanlah hal mudah memiliki faktor tersebut dalam sebuah universitas. Dengan prestasi ini, BINUS UNIVERSITY terus berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas global dan akan terus membina nusantara melalui visi BINUS UNIVERSITY 2020 “A World-class university In continuous pursuit of innovation and enterprise”.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Eksistensi Perguruan Tinggi Raharja dalam Menjalin Kerjasama di Dunia Internasional
  • 6 Tips Lulus Perguruan Tinggi yang Kamu Inginkan
  • Bukan Cuma Artis Doang yang Sering Cerai, Angka Perceraian di Indonesia Emang Lagi Tinggi-tingginya
  • Inilah Manfaat Kuliah di Kampus Swasta yang Nggak Kamu Tahu. Hey, Jangan Minder Dulu!
  • Prilly Jadi Orang Indonesia Pertama yang Bisa Nyobain Filter Wajah di IG, Kapan Kita Bisa Coba Juga?

Sumber : detik-hotnews.com

Sebuah Curhatan Penulis Hipwee tentang Kekuatan ‘Super’ Netizen

Sebuah Curhatan Penulis Hipwee tentang Kekuatan ‘Super’ Netizen

Sudah 2017. Sekedar info, 24 tahun lalu adalah 1993. Sudah itu saja.

Di kala itu internet belum ada, padahal Amerika sudah mulai menayangkan iklan komersial yang berisi panduan akses internet. Kemunculan internet di Indonesia bisa jadi sebuah kenangan manis bagi mereka yang antri masuk bilik warnet, menyalakan komputer tabung dan mengetik dengan keyboard berisik. Kalau kamu punya fantasi soal itu, artinya kamu adalah jembatan dua generasi, yang sama sekali tak mengerti dan yang sangat mengerti tentang internet.

Terlambat membahas kemajuan internet, nyatanya yang akan kita bahas memang soal dampaknya kok yang makin hari makin bikin istighfar. Sebenarnya bukanlah sebuah masalah besar jika yang dibilang dengan kids zaman now adalah seputar kenalakan remaja klasik yang pada zaman dulu juga dilakukan oleh manusia zaman old pada masanya.

Balada ‘mimin’ dan penulis media online masa kini. Berita yang bisa langsung dikomentari dan bisa seketika dimentahkan netizen

Apa dosa hamba, Tuhan? (Banyak sih!) via www.irvinalioni.com

“Miminnya mabok!”

“Mimin ahokers!”

“Mimin alumni 212!”

“Min, bisa nulis yang bener nggak si?”

Advertisement

Seringkali saya melihat komentar bernada serupa, bahkan seringnya lebih kasar di unggahan berita-berita media online. Dulu kala, generasi sebelum kita membaca koran, mereka mungkin mengumpat setelah baca berita yang tidak sejalan dengan ideologinya, namun anonimitas tulisan di media dan sulitnya tanggapan secara langsung otomatis meminimalisir hal ini.

Nggak munafik, saya pun pernah begitu. Tapi untungnya hanya dalam hati. Jempol imut saya nggak serta merta mengetikkan hinaan itu pada media online mana pun. Saya adalah satu dari sekian banyak silent reader yang akhirnya mengumpat: netizen ini kenapa sih? Lalu obrolan soal ‘kelakuan netizen‘ pun menguap di warung kopi dan kafe-kafe. Hingga muncul sebuah keheranan HQQ: Kenapa ya orang cenderung mudah menyalahkan orang lain ketika mereka dipertemukan dalam anonimitas?

Jangan salah, kekuatan netizen itu bak power ranger, bisa menumpas kejahatan dengan segala digdaya. Tapi ada harga mahal yang harus dibayar

Ranger hijau menghilang karena global warming~ Inilah perlunya reboisasi via nerdist.com

Bayangkan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui suara netizen. Sebut saja change.org selaku wadah petisi-petisi online, hingga protes berupa meme dan hashtag. Saat ini ketidakadilan dengan mudahnya diawasi dan dilawan. Suara masyarakat secara langsung punya pengaruh dan kekuatan yang dahsyat memerangi kejahatan. Bahakn untuk menolong sesama, memanfaatkan ‘netizen‘ adalah sebuah solusi cepat. Cepat menyebar dan luas banget sasarannya.

Tapi ada harga yang perlu dibayar dari kekuatan besar ini. Seperti kutipan dalam film Spiderman yang melegenda: With great power, comes great responsibility. Budaya komentar netizen pun kini justru dengan mudah menyakiti pihak tertentu. Bak lightsaber yang bisa memusnahkan Darth Vader sekaligus mengancam nyawa Luke Skywalker. Duh kenapa jadi ngebahas film!

Komentar netizen dan kesewenang-wenangannya tak terkontrol, bahkan bisa langsung menyakiti pihak tertentu. Mungkin kalian nggak mengalami, tapi bayangkan setiap harinya menjadi Mulan Jameela yang selalu disalahkan. Atau Ayu Tingting yang selalu dicurigai, hingga Raisa yang selalu diagung-agungkan dan harus selalu terlihat sempurna.

Sebagai penulis Hipwee, saya pernah dikatai kafir hingga dituding melakukan aksi propaganda LGBT. Tahukah kalian jempol kalian bisa sangat menyayat hati?

Rasanya semacam dibully, taoi nggak tahu juga siapa yang ngebully via qatarliving.com

Bikin berita soal Ahok, dianggap “kafir”, bikin berita soal Annies dianggap anarki, bikin tulisan soal LGBT dibilang propaganda. Bahkan saya pernah membuat sebuah berita tanpa keberpihakan, murni seputar informasi dan suatu kejadian, netizen pun dengan bangga menyalahkan: Hipwee beritanya nggak berguna! Dengan tanda seru. Heyyy, kisanak, mungkin bagimu memang berita ini nggak berarti apa-apa, tapi bagi keluarga dan teman-temannya suatu kejadian tersebut mereka harapkan bisa jadi pelajaran sebagian orang lainnya. Kadang saya pun tertawa dengan keras ketika ada tuduhan soal penulis yang dibayar parpol tertentu. Duh kalau beneran pasti kami sedang foya-foya. 🙁

Tahukah kalian, kami sebagai penulis dan jurnalis di seluruh Indonesia setiap hari memikirkan tanggapan kalian? Kami berharap berita dan opini dari satu kepala ini bisa diterima semua kalangan dan tidak disalahpahami sebagai sesuatu yang lain.

Ah penulis baper!

Awalnya memang baper, tapi lama-lama ketika cacian dan hinaan sudah jadi cemilan, ya bisa kenyang dengan ini. Kita tercipta berbeda-beda, dengan jalan pikiran dan perspektif yang otomatis berbeda. Apakah sebuah keharusan untuk menyamakan semua pendapat dan pemikiran?

Sumpah, kalau saja netizen di seluruh negeri ini kompak, comment war mungkin bukanlah jadi kesibukan mereka yang hanya menatap layar ponsel lebih dari 5 jam sehari. Dan sumpah, kalau saja netizen seluruh negeri ini kompak, kita bisa melakukan banyak perubahan di banyak lini yang memang sudah seharusnya diperbaiki.

#HipweeJurnal adalah ruang dari para penulis Hipwee kesayanganmu untuk berbagi opini, pengalaman, serta kisah pribadinya yang seru dan mungkin kamu perlu tahu 

Baca tulisan #HipweeJurnal dari penulis lainnya di sini!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Jomblo Di Usia 25-an Memang Tak Mudah Dijalani, Tapi Setidaknya 5 Hal Ini Buatmu Berbesar Hati
  • 8 Aktivitas Rahasia Wanita di Toilet, Oh Ternyata Cowok Harus Lama Menunggu Demi Ini
  • Begini 15 Kejadian Konyol Jika Orang Kebanyakan Kerja Tapi Kurang Piknik. Jadinya Kacau Deh!
  • 15 Foto Momen Rusak Gara-gara Kucing yang Haus Eksistensi, Caper Berat Ya Hewan Satu Ini
  • Bekerja di Daerah Terpencil Bukan Akhir dari Dunia. Justru, Inilah Keuntungannya!

Sumber : detik-hotnews.com

Rasanya Merantau dan Menumpang di Rumah Saudara, Susah Senang Harus Dijalani

Rasanya Merantau dan Menumpang di Rumah Saudara, Susah Senang Harus Dijalani

Tinggal sama saudara

Hidup di perantauan memang tak pernah mudah. Ada saja tantangan yang harus kamu hadapi, demi masa depan yang sudah menanti. Mulai dari homesick parah karena tak bisa pulang ke rumah, kehabisan uang di tabungan hingga harus pintar-pintar mengatur mood agar kegiatanmu di perantauan tak berantakan.

Nggak hanya mereka yang hidup di kos-kosan saja yang mengalami tantangan dan cobaan hidup di perantauan ini. Kamu yang hidup dengan menumpang tinggal di rumah saudara juga merasakan dua hal itu. Bahkan bisa dibilang, cobaan dan tantangan ini lebih berliku dan berat. Untukmu yang kini tengah berjuang di perantauan dan tinggal bersama saudara, hal-hal di bawah ini pasti sudah akrab bagimu.

1. Kamu memang sudah kenal dengan mereka, namun tetap ada rasa sungkan jika ingin meminta bantuan kala dirimu kesusahan

Sungkan mau meminta bantuan via unsplash.com

Saudara yang bersedia menampungmu ini memang sudah kamu kenal. Paman, bibi, atau saudara jauh lainnya bersedia menerimamu dengan tangan terbuka. Kamu bahkan ingat benar, saat kamu pertama kali tiba di perantauan ini, mereka dengan senang hati menjemputmu dari terminal atau bandara. Kamu memang sudah kenal dengan mereka. Namun hubungan kamu dan saudaramu ini tak bisa dibilang dekat. Hal tersebut membuatmu merasa segan apabila ingin meminta bantuan kala kamu kesusahan. Ujung-ujungnya kamu selalu tak mau merepotkan mereka dan mengerjakan sendiri semua urusanmu.

2. Saat kamu capek sepulang kerja, namun tak tega melihat saudaramu melakukan sendiri urusan rumah tangga

Waktu istirahatmu terbagi via unsplash.com

Advertisement

Di perantauan ini kamu jelas memiliki kegiatan utama, seperti menjalani pendidikan atau bekerja. Sepulangnya kamu dari kegiatanmu itu, jelas lelah dan ingin segera istirahatlah yang dirasa. Kamu bahkan seringkali sudah membayangkan kasur dan ingin cepat tidur. Namun sesampainya di rumah, selalu ada rasa tak enak jika kamu sekadar mengistirahatkan dirimu. Kamu tak tega melihat saudaramu itu melakukan pekerjaan rumah sendirian. Demi kesopanan dan membalas budi, kamu pun merelakan waktu istirahatmu untuk membantu mereka.

3. Tinggal di rumah saudara buatmu sedikit terkekang dengan aturan-aturannya, tak seperti berada di rumah sendiri atau kos-kosan

Kurang nyaman dengan peraturan mereka via unsplash.com

Beda rumah, pasti berbeda pula aturan di dalamnya. Begitu pula dengan aturan di rumah saudaramu ini, Jika di rumah sendiri kamu boleh makan sambil nonton TV, hal itu nggak bisa kamu lakukan di sini. Momen menyantap makanan sudah ditentukan dan harus dilakukan bersama-sama tanpa menonton TV. Kamu jelas merasa tak nyaman dengan hal ini. Namun demi masa depan kamu harus rela menyesuaikan diri meskipun rasanya tak nyaman sekali.

4. Entah ini hanya perasaanmu saja atau memang kenyataannya. Kadang kamu merasa diperlakukan berbeda

Diperlakukan berbeda via unsplash.com

Setiap manusia pasti memiliki sifat baik dan buruknya masing-masing, Begitu pula dengan saudara yang sudah menampungmu ini. Meski mereka bersedia menerimamu untuk tinggal bersama, kamu merasa ada yang janggal dari mereka. Kamu merasa diperlakukan berbeda dengan anak-anak mereka sendiri. Kamu pun lantas beranggapan bahwa ini semua terjadi karena kamu masih begini saja dan belum menjadi siapa-siapa.

5. Saat suntuk dengan suasana kamar, kamu tak bisa berbuat banyak. Sebab dirimu tak berhak untuk mengubah kamar milik mereka

Suntuk sama suasana kamar via unsplash.com

Ada kalanya kamu merasa penat sekali dengan suasana kamar yang monoton ini. Mungkin kalau kamu berada di rumah sendiri atau kosan, kamu bisa bebas melakukan perubahan di dalamnya. Namun tidak dengan kamar di rumah saudaramu ini. Hanya untuk menambahkan beberapa pemanis dinding saja, kamu takut sekali. Sebab kamu paham benar bahwa bukan hakmu sepenuhnya untuk mengubah keadaan kamar milik mereka.

6. Meskipun dengan saudara yang udah dikenal sebelumnya, kamu justru semakin tak bebas menjadi diri sendiri

Mengikuti maunya mereka via unsplash.com

Orang-orang mengatakan bahwa hidup dengan saudara itu enak. Kamu bisa merasakan hidup selayaknya di rumah sendiri, dengan saudara yang siap membantu kapan saja. Namun hal tersebut tak sepenuhnya benar. Kamu justru tak bisa menjadi diri sendiri saat numpang tinggal dengan mereka. Kamu mau tak mau harus menjadi sosok yang mereka ingini, agar nantinya mereka tak kecewa. Hal ini pun akhirnya buatmu stres dan tertekan sendiri.

7. Ada kalanya kamu baru mengetahui sifat asli mereka setelah numpang tinggal di sana. Ekspektasimu tentang hidup dengan mereka turun seketika

Tahu sifat asli mereka via unsplash.com

Hanya sebatas mengenal tak buatmu sepenuhnya mengetahui sifat asli mereka. Kalau dulu kamu mengenal mereka dengan sifatnya yang penyayang dan sabar, kini sedikit demi sedikit sifat lainnya terbuka. Kamu jadi tahu bahwa mereka itu perfeksionis dan tidak menolerir kesalahan. Hal itu jadi buatmu takut-takut untuk melakukan pendekatan dengan mereka. Akibatnya selalu ada dinding pemisah antara kamu dan mereka.

Meski berat, kamu selalu berusaha berjuang dengan kuat. Termasuk dengan bertahan dengan hidup di perantauan dengan saudaramu ini. Kamu selalu ingat dengan pesan bapak ibumu saat di kampung dulu. Mereka berpesan agar kamu bisa menyesuaikan diri demi menjadi pribadi yang lebih berkembang di perantauan nanti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • Demi Masa Depan yang Lebih Baik, Minimal Kamu Punya Pasangan dengan 5 Kriteria Ini
  • Hubungan yang Punya Masa Depan, Tak Hanya Modal Cinta. 6 Hal Ini yang Harus Kalian Punya
  • Ini Alasan Lamaran di Indonesia Nggak Kayak di Barat yang Tinggal Berlutut. Semua Demi Kebaikan Kok!
  • Tinggal di Kota yang Penuh Polusi? Kamu Perlu Cemas Bila 5 Hal ini Sudah Terjadi
  • Bukan Hanya Surabaya-Liverpool yang Jadi Sister City, 7 Kota Ini Juga Punya Saudara di Luar Negeri

Sumber : detik-hotnews.com

Mimpi Itu Emang Ternyata Nggak Sebaiknya Diceritakan Pada Orang Lain. Menurut Penelitian Ini Sih

Mimpi Itu Emang Ternyata Nggak Sebaiknya Diceritakan Pada Orang Lain. Menurut Penelitian Ini Sih

Jangan ceritakan mimpimu pada orang lain

Setiap orang pasti pernah bermimpi atau merasakan pengalaman bawah sadar dalam tidurnya. Bermimpi adalah aktivitas unik, sebab kita nggak pernah bisa menebak siapa yang akan datang dalam mimpi dan seperti apa ceritanya. Uniknya lagi, kita terkadang lupa alur cerita dalam mimpi saat terbangun. Nggak jarang, kebanyakan orang kemudian menerka-nerka apa maksud mimpi yang dialaminya. Makanya banyak yang akhirnya mencari bantuan penafsir mimpi atau sekadar menceritakan mimpinya pada teman-teman terdekat.

Nah ada penelitian yang cukup menarik nih tentang kebiasaan menceritakan mimpi kepada orang lain. Berdasarkan studi ilmiah, seorang profesor dari Institute of Cognitive Science, Carleton University, menyarankan kita untuk nggak menceritakan mimpi semalam kepada orang lain. Bukan karena kepercayaan bahwa mimpi yang diceritakan pada orang lain nggak bakal terwujud, sebagaimana dilansir dari Scientific American, tapi justru buat kesehatan pikiran kita. Kok bisa ya?! Agar kamu lebih bisa memahami maksudnya, berikut Hipwee News & Feature sajikan hasil temuan dari Profesor Jim Davis.

Ceritanya suka random abis, mimpi ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Mimpi tuh interpretasi dari aktivitas acak saraf tulang belakang dan otak kecil yang menyebabkan mimpi seringkali jadi sangat aneh

Kok aneh banget mimpinya?! via quazbut.deviantart.com

Jim Davis memaparkan teori mengenai alasan kenapa kita bisa bermimpi dan kenapa mimpi terasa begitu menarik untuk diceritakan. Menurut teori aktivasi sintesis, mimpi sebenarnya nggak berarti apa-apa, hanya impuls otak listrik yang menarik pemikiran dan citra acak dari ingatan kita. Karena ‘acak’ tersebut, nggak heran jika terkadang informasi yang ditangkap oleh saraf dan otak bisa kacau dan menyebabkan mimpi menjadi sangat aneh.

Teori ini juga mendukung adanya interpretasi emosi melalui mimpi. Misalnya, saat kamu sedang merasa khawatir di dunia nyata, maka kekhawatiran tersebutlah yang membuat kita justru bermimpi buruk. Karenanya, ada baiknya kita mengesampingkan segala masalah dan menenangkan diri sebelum tidur.

Mimpi juga bisa merupakan simulasi untuk menghadapi situasi yang mengancam, hal inilah yang membuat kita memimpikan hal-hal yang menegangkan

Advertisement

Cenderung bermimpi negatif via www.top5s.co.uk

Teori kedua yang dikemukakan oleh Jim Davis adalah mimpi sebagai persiapan untuk menghadapi situasi yang mengancam. Adapun beberapa bukti yang menguatkan teori simulasi ancaman ini misalnya kebanyakan orang mengalami emosi mimpi yang negatif dengan tema yang berkutat pada hal-hal yang sifatnya ancaman seperti jatuh, dikejar, bencana alam, dan lain-lain.

Sumber-sumber ketakutan yang dianggap tabu, akan lebih banyak muncul dalam mimpi ketimbang dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya, ketakutan-ketakutan akan permasalahan di dunia nyata justru menjadi hal yang jarang sekali dimimpikan. Di sinilah, mimpi akan menjadi media pembelajaran untuk menanggapi situasi-situasi yang mengancam, meskipun jarang ditemui di dunia nyata.

Lalu kenapa kebanyakan dari kita sangat antusias dan merasa perlu untuk menceritakan mimpi yang dialami pada orang lain?

Karena mimpi begitu emosional via medicalxpress.com

Mengacu pada teori simulasi ancaman, bahwa mimpi bisa dijadikan sarana untuk belajar bagaimana menghadapi situasi yang mengancam, maka kita jadi merasa butuh bantuan dalam menyelesaikan situasi yang dihadapi tersebut. Anggapan bahwa dua kepala lebih baik daripada satu ketika menghadapi suatu masalah menjadi acuan dalam hal ini. Maka dengan menceritakan mimpi dan mendiskusikannya dengan orang lain, secara nggak langsung kita berusaha untuk mempersiapkan diri jika menghadapi situasi serupa di dunia nyata.

Selain mencari dukungan, bias negativitas juga berpengaruh dalam hal ini. Manusia secara alamiah akan lebih perhatian terhadap hal-hal yang sifatnya negatif dan berbahaya. Oleh karena itu, mimpi yang biasanya berisi informasi negatif terasa lebih penting dari yang seharusnya. Alasan lainnya adalah tingkat emosi dalam mimpi. Karena mimpi begitu emosional, maka pengalaman tersebut terasa begitu penting bagi orang yang mengalami dan layak untuk dibagikan pada orang lain.

Menceritakan mimpi yang dialami pada orang lain justru bisa mengganggu kehidupan sosial lho! Begini penjelasannya…

Orang lain nggak akan bisa mengerti mimpi yang kamu alami sendiri via hackrelation.com

“Aku punya teman yang selalu berusaha keras mengingat setiap detail mimpinya, menuliskannya lantas menceritakannya pada teman-temannya. Namun, akhirnya ia berhenti karena menyadari bahwa kebiasaannya tersebut justru membuatnya dikucilkan karena lingkungannya merasa terganggu dan nggak nyaman. — Jim Davis”

Memang, mimpi dianggap sebagai pengalaman yang begitu emosional dan sangat penting bagi orang yang mengalaminya. Namun, bukan berarti pengalaman tersebut layak untuk dibagi pada orang lain, mengingat mimpi sama halnya dengan khayalan atau nggak nyata. Orang yang sekadar mendengarnya dan nggak merasakan emosinya akan kesulitan untuk mengerti apa yang kamu alami. Belum lagi jika mimpi yang kita alami termasuk aneh dan nggak lazim, maka orang yang mendengarkan cerita dalam mimpi tersebut hanya akan menganggap hal itu sebagai kekonyolan semata. Jika hal ini terus terjadi, bukan nggak mungkin kamu juga akan dikucilkan karena dianggap orang yang aneh.

Kita perlu menyadari bahwa nggak semua orang bisa masuk ke dalam dunia kita, dunia mimpi kita apalagi. Orang lain memiliki kehidupannya masing-masing dan akan sulit untuk memahami apa yang nggak dialaminya secara langsung. Hanya kamulah yang akan mengerti dirimu sendiri. Jadi, jika kamu menginginkan jawaban atas mimpi-mimpimu, maka cobalah untuk berkaca pada diri sendiri, terlepas dari nggak semua mimpi bisa diartikan dan ditanggapi dalam kehidupan nyata.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • 5 Alasan Kamu Jangan Sering Meminta Saran Orang Lain Soal Hubungan, Mereka Tahu Apa Sih Tentang Kalian?
  • 5 Pamali Tentang Kehamilan yang Banyak Dipercaya Orang. Jangan Langsung Percaya, Berikut Ini Penjelasannya
  • 10 Rumah yang Bentuknya Nggak Masuk Akal. Ternyata Ada Beneran!
  • Ini Penuturan Asli Cowok Tentang Perasaan Mereka Kalau Pas Dibayarin Ceweknya. Masuk Akal Sih Ini!
  • Seharusnya Kalian Sadar, Menertawakan Mimpi Orang Lain Bukanlah Hal yang Lucu!

Sumber : detik-hotnews.com