Dalam Hubungannya Cewek Harus Bisa Katakan Tidak untuk 8 Hal ini, Biar Tak Menyesal Nanti

Dalam Hubungannya Cewek Harus Bisa Katakan Tidak untuk 8 Hal ini, Biar Tak Menyesal Nanti

belajar bilang tidak

Katanya cinta itu buta. Ya, ibarat pup kucing, tapi cokelat rasanya.

Ungkapan cinta itu buta sepertinya sudah tak berlaku lagi saat ini. Sebab selain cinta, seseorang juga harus mengedepankan rasionalitas, biar hubungan bisa berjalan dengan seimbang. Perihal berjuang dan berkorban demi cinta juga masih bisa dilakukan, tapi seperlunya saja. Tak perlu sampai diri sendiri merasa menderita hanya untuk kesenangan yang hanya dirasakan sebelah pihak.

Buat cewek sepertimu, jangan sampai dibutakan oleh cinta. Pahami beberapa hal yang memang seharusnya tak kamu lakukan dengan terpaksa. Berikut Hipwee berikan beberapa hal yang seharusnya kamu tolak adanya di dalam hubungan. Biar kamu tak menjadi satu-satunya pihak yang merasa terpaksa. Padahal sejatinya hubungan adalah berjalan secara bersama-sama.

1. Cewek memang butuh saran untuk penampilan. Tapi jangan mau jika dia mendikte kamu untuk memakai sesuatu yang tak nyaman

Buatmu tak nyaman soal penampilan via www.unsplash.com

Kebanyakan cewek pasti setuju kalau penampilan itu perlu perhatian khusus. Kamu perlu menyediakan beberapa waktu dan biaya tersendiri untuk mendukung penampilanmu. Namun jangan sampai karena perihal penampilan ini, kamu jadi tersiksa sendiri. Apalagi kalau sampai cowokmu mulai turut andil dengan apa yang kamu kenakan sehari-hari dan buatmu tak nyaman sama sekali. Daripada menganggu kenyamananmu dalam keseharian, lebih baik bilang tidak dan pakailah apapun yang sesuai dengan pribadimu.

2. Kamu juga perlu menolak saat dia melarangmu lanjut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebab masa depan tetap ada di dirimu sendiri

Advertisement

Lanjut sekolah atau tidak, itu mutlak pilihanmu via www.stocksnap.io

Zaman sekarang, pendidikan menjadi hal wajar untuk dicapai setinggi-tingginya oleh siapa saja. Termasuk kamu sebagai cewek pun punya kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Namun ada kalanya cowok tak mau kalah saing dalam hal ini. Lalu dia melarangmu untuk melanjutkan sekolah lagi. Padahal melanjutkan pendidikan itu merupakan impianmu sejak lama dan harapan dari kedua orangtuamu juga. Apapun alasannya, kamu perlu ambil sikap. Sebab masa depanmu jelas ada sepenuhnya di tanganmu.

3. Renjana dan cita-cita yang telah kamu susun sejak lama, jangan sampai berhenti sia-sia hanya karena cowokmu tak suka

Jangan gadaikan renjana dan cita-citamu via www.unsplash.com

Sejak kecil kamu pasti punya cita-cita yang sampai sekarang masih kamu usahakan. Berbagai upaya kamu lakukan, agar cita-cita tersebut bisa tercapai di masa depan. Energi dan pengorbanan tentu saja kamu kerahkan besa-besar untuk mencapai cita-cita itu. Tapi cowokmu justru berusaha menghentikan usahamu itu, dengan alasan dirinya tak suka. Apa seperti ini gambaran pasangan ideal yang saling mendukung satu sama lainnya? Kamu jelas perlu bersikap tegas dan berkata tidak.

4. Bagaimanapun juga kamu perlu hadirnya teman dan sahabat. Jangan mau jika dia memintamu jaga jarak dengan mereka

Jangan tinggalkan teman-teman dan sahabatmu via www.unsplash.com

Meskipun kamu udah punya pacar, teman dan sahabat tetap kamu butuhkan. Untuk itu jangan sampai kamu menurut saja jika cowokmu melarangmu bertemu dengan mereka. Sebab biar hidupmu seimbang, kamu juga butuh teman-teman dan sahabat di dalam kehidupan. Jangan mau menukarkan lingkar pertemananmu hanya untuk kata cinta yang dia tawarkan kepadamu. Karena cinta bisa putus begitu saja, tapi ikatan pertemanan akan berlangsung selamanya.

5. Prinsip dalam hidup juga jangan sampai kamu gadaikan, hanya karena cowokmu kurang sesuai dengan itu

Pegang prinsipmu kuat-kuat via www.unsplash.com

Seseorang perlu memiliki prinsip dalam hidupnya. Prinsip tersebut berguna saat dihadapkan pada beberapa pilihan dalam kehidupan. Biarpun sudah punya pacar, prinsip yang selama ini kamu punya harus tetap dipegang erat. Jangan mau menggadaikan prinsip yang selama ini kamu pegang hanya karena cowokmu tak suka dengan hal itu. Sebab masing-masing orang memiliki hak untuk berprinsip dalam hidupnya. Kamu tak mau kan hidupmu disetir dan menjalani hari-hari layaknya boneka?

6. Kamu dan dia masih pacaran. Wajar saja kalau kamu menolak jika dia pinjam uang tapi tak pernah dikembalikan

Pinjam uang tapi tak dikembalikan. Tolak aja! via www.unsplash.com

Meski kamu cinta banget sama cowokmu ini, tetap ingat bahwa kalian berdua masih dalam fase pacaran. Belum ada ikatan sah yang menghubungkan kalian. Hubungan pacaran ini sewaktu-waktu bisa putus dan tak ada jaminan untuk ke depannya. Dalam fase pacaran ini wajar rasanya jika kamu menolak saat cowokmu meminjam hal-hal yang bersifat krusial, seperti uang. Apalagi jika cowokmu punya track record suka pinjam uang tanpa pernah mengembalikannya.

7. Peran kamu atau dia dalam hubungan harus seimbang. Proteslah jika cowokmu hanya ingin dilayani tapi tak pernah memberi perhatian

Harus seimbang perannya via www.unsplash.com

Biar hubungan tetap nyaman, antara cowok dan cewek harus sadar tentang perannya masing-masing. Jika selama ini kamu merasa berat sebelah karena cowokmu hanya bisa menuntut tanpa bis memberi, maka kamu perlu berhati-hati. Proteslah pada cowokmu jika dia hanya mau dilayani saja namun tak mau balik memberimu perhatian selayaknya pacar. Misalnya dia hanya mau membalas pesan jika kamu yang mengiriminya duluan. Kalau pun dia tak mau berubah setelah kamu protes, kamu perlu ambil sikap untuk kelanjutan hubungan kalian.

8. Perihal kehormatan dirimu perlu jaga baik-baik. Tolak jika cowokmu mulai ada gelagat meminta hal-hal yang sudah tak sehat untuk hubungan

Kehormatan itu harga mati via www.unsplash.com

Selain cinta, ada satu hal yang wajib cewek jaga baik-baik sampai nanti menikah. Hal itu adalah kehormatan yang diberikan Tuhan secara cuma-cuma dan hanya cewek yang punya. Kalau selama pacaran kamu melihat cowokmu selalu berusaha mengambil hal itu darimu, tolak saja dengan tegas. Penolakan ini wajar kok dilakukan oleh cewek yang berusaha menjaga harga paling berharganya. Sebab jika kamu berikan hal itu pada cowokmu, tak ada jaminan pasti kalau dia seterusnya akan bersamamu. Di masa depan pun kamu akan mendapatkan masalah karena kehilangan hal itu.

Mencintai seseorang memang boleh dilakukan, tapi jangan sampai berlebihan hingga mengorbankan diri sendiri. Ada batasan-batasan yang perlu kamu pahami agar kelak kamu tak kepayahan sendiri. Kalau cowokmu benar-benar cinta kepadamu, dia tak akan memaksamu untuk melakukan hal-hal yang kamu tak suka. Sebab sebenar-benarnya cinta itu bukanlah memaksa tapi justru menyesuaikan diri agar kenyamanan yang dirasa.

Artikel ini merupakan rangkaian dari Hipwee Sexual Education. #JanganNgeresDulu, karena buta soal seksualitas justru akan mengaburkan langkahmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

  • 5 “Takdir” Berat yang Harus Dilewati Cowok Dalam Sebuah Hubungan. Andai Saja Cewek Mau Pengertian
  • 5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Hubungan
  • Memasuki Usia 20-an, Inilah 5 Hal yang Dikhawatirkan Cewek Dalam Menjalin Hubungan
  • Meski Kecil, 5 Hal Ini Bisa Mempererat Hubungan Antar Keluarga!
  • Hubungan yang Punya Masa Depan, Tak Hanya Modal Cinta. 6 Hal Ini yang Harus Kalian Punya

Sumber : detik-hotnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *